Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PDIP Menangi Pilkada 11 Daerah di Jatim, Ini Rinciannya

Kemenangan di 11 daerah tersebut berdasarkan hasil quick count internal dan eksternal.
Calon kepala daerah asal PDI Perjuangan./Antara
Calon kepala daerah asal PDI Perjuangan./Antara

Bisnis.com, SURABAYA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengklaim telah memenangkan suara di 11 daerah di Jawa Timur ada Pilkada Serentak 2020.

Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi dalam siaran persnya yang dikutip Kamis (10/12/2020) itu menyatakan kemenangannya di 11 daerah tersebut berdasarkan hasil quick count internal dan eksternal, bahkan mampu meraih kemenangan di daerah yang sebelumnya dipimpin oleh kepala daerah yang bukan berasal dari PDIP.

“Paslon kita unggul di 11 kabupaten/kota, yang lainnya, hasil suaranya masih dihimpun,” katanya.

Kusnadi mencontohkan daerah yang dimenangkan oleh partai berlambang banteng moncong putih itu adalah Kota Surabaya dengan jagoannya nomor 01 Eri Cahyadi - Armuji (unggul 57,5 persen), disusul Kabupaten Kediri paslon Hanindito Himawan Pramana - Dewi Mariya Ulfa (76,8 persen), lalu Ngawi dengan paslon Ony Anwar Harsono - Dwi Rianto Jatmiko (94,3 persen).

Begitu juga dengan Trenggalek paslon Mochamad Arifin - Syah Muhamad Natanegara menang 65,7 persen, disusul Banyuwangi dengan paslon Ipuk Fiestiandani Azwar Anas - Sugirah (51,2 persen).

Selain itu, lanjut Kusnadi, ada Ponorogo dengan jagoan paslon Sugiri Sancoko - Lisdyarita (62,1 persen), Kabupaten Malang dengan paslon Sanusi - Didik Gatot Subroto (45,2 persen), Sumenep dengan paslon Achmad Fauzi - Dewi Khalifah (52,1 persen), Gresik dengan paslon Fandi Akmad Yani - Aminatun Habibah (51,1 persen)

Setelah itu ada Situbondo dengan paslon Karna Suswandi - Khoirani (54,3 persen), dan terakhir adalah Kota Blitar dengan paslon Santoso-Tjutjuk Sunario (58,6 persen).

“Ada 3 daerah yang paslonnya diusung PDIP ini mampu merebut kursi kepemimpinan dari sebelumnya yang diduduki partai lain, seperti Ponorogo, Gresik dan Situbondo. Sebelumya di daerah ini PDIP belum pernah menang,” imbuhnya.

Sekretaris DPD PDIP Jatim, Sri Untari Bisowarno menambahkan kemenangan di 11 daerah ini hanya sementara, tetapi pihaknya optimistis akan memenangi Pilkada Jatim sesuai target yakni minimal 13 kota/kabupaten.

“BSPN (Badan Saksi Pemilu Nasional) PDIP Jatim juga terus men-collect data ini, tapi kami optimistis menang,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper