Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Surabaya Gelar Tur Museum Secara Daring, Ahli Sejarah Bakal Hadir

Tur Museum dan Heroic Track ini merupakan kegiatan yang mengenalkan beberapa obyek wisata bersejarah di Surabaya dengan menggunakan aplikasi online.
Ilustrasi./Ciputra Artpreneur
Ilustrasi./Ciputra Artpreneur

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya akan menggelar Tur Museum dan Heroic Track secara online untuk memperingati Hari Pahlawan tahun ini.

Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara menjelaskan Tur Museum dan Heroic Track ini merupakan kegiatan yang mengenalkan beberapa obyek wisata bersejarah di Surabaya dengan menggunakan aplikasi online.

“Di tengah pandemi seperti ini, kami tetap berupaya menyajikan kegiatan bagi masyarakat, meskipun juga dilakukan dengan cara online,” jelasnya dalam rilis, Jumat (13/11/2020).

Dia menjelaskan dalam kegiatan tur yang menggunakan aplikasi ini nantinya akan dipandu oleh tour guide lokal termasuk dengan narasumber ahli sejarah yang akan menjelaskan setiap sejarah di museum tersebut.

"Jadi saat kegiatan berlangsung, para peserta dapat menyampaikan pertanyaan dan akan ditanggapi oleh guide maupun narasumber. Pengenalan obyek wisata bersejarah ini juga menyasar para pelajar Surabaya guna meningkatkan rasa nasionalismenya,” ujarnya.

Adapun pelaksanaan kegiatan Tur Online Museum ini bakal berlangsung selama 2 hari, yakni 14 - 15 November 2020 dengan mengambil tema "Heroisme Pahlawan Surabaya". Rangkaian tur online ini akan mengisahkan perjalanan semangat kepahlawan, mulai dari tokoh-tokoh perjuangan sejak masa pra Nusantara, masa Kebangkitan, hingga pasca Kemerdekaan.

Febri menjelaskan pada hari pertama, peserta akan diajak mengunjungi Museum Surabaya (Raden Wijaya), Museum WR. Supratman dan Museum Pendidikan (Ki Hajar Dewantara) melalui virtual. Sedangkan hari kedua 15 November 2020, peserta diajak mengunjungi Museum H.O.S Tjokroaminoto, Museum DR. Soetomo, dan Museum 10 November.

Sementara untuk pelaksanaan kegiatan Surabaya Heroic Track Tahun 2020 secara online akan berlangsung pada 17 November 2020 mulai pukul 10.00 WIB hingga selesai. Lokasinya, berada di Museum HOS Tjokroaminoto dan Museum 10 Nopember Tugu Pahlawan Surabaya.

"Peserta merupakan pelajar SD - SMP di Kota Surabaya sekitar 300 orang. Mereka mengikuti rangkaian kegiatan ini melalui aplikasi zoom. Masyarakat umum juga bisa mengikuti rangkaian tur melalui media sosial intagram milik Pemkot @surabayasparkling,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper