Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Cuti Bersama, KAI Daop 8 Surabaya Operasikan 23 Perjalanan

KA favorit yang dapat dipesan di masa long weekend nanti diantaranya KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasarturi - Gambir/pp, KA Harina relasi Surabaya Pasar Turi - Cirebon - Bandung/pp.
Ilustrasi./Bisnis-Dedi Gunawan
Ilustrasi./Bisnis-Dedi Gunawan

Bisnis.com, MALANG — PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 8 Surabaya mengoperasikan 23 KA jarak menengah/jauh dan 46 KA lokal selama libur panjang, liburan Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama akhir Oktober 2020.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto, mengatakan beroperasinya perjalanan KA ini untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah pelanggan pada masa libur long weekend tersebut.

“Pada masa libur panjang akhir pekan nanti, KAI Daop 8 Surabaya siap melayani pelanggan dengan mengoperasikan 23 perjalanan KA jarak menengah/jauh dan 46 KA lokal sehingga akan semakin banyak pelanggan yang dapat menikmati perjalanan kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan sehat,” ujarnya dalam keterangan resminya, Senin (26/10/2020).

KA favorit bagi masyarakat di wilayah Daop 8 Surabaya yang dapat dipesan di masa long weekend nanti diantaranya KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasarturi - Gambir/pp, KA Harina relasi Surabaya Pasar Turi - Cirebon - Bandung/pp.

Juga, KA Jayakarta relasi Surabaya Gubeng - Jakarta Kota /pp, KA Kertajaya relasi Surabaya Pasar Turi - Pasar Senen pp, KA Argo Wilis relasi Surabaya Gubeng - Bandung - Gambir/pp, KA Gajayana relasi Malang - Gambir/pp, KA Tawang Alun relasi Malang Kota Lama - Ketapang/pp dan berbagai KA lainnya.

“KA jarak menengah/jauh tersebut berangkat dari 3 stasiun pemberangkatan awal yaitu 7 KA dari Stasiun Surabaya Pasar Turi, 11 KA dari Stasiun Surabaya Gubeng dan 5 KA dari Stasiun Malang,” katanya.

Sementara tujuan dari 23 KA jarak menengah/jauh tersebut diantaranya ke arah Jakarta melalui jalur Utara (lewat Cirebon) sebanyak 11 KA, ke arah Jakarta melalui jalur Selatan (lewat Bandung) sebanyak 3 KA, tujuan akhir ke Bandung sebanyak 2 KA, ke tujuan Jember/ Banyuwangi sebanyak 4 KA dan masing-masing 1 KA ke tujuan akhir menuju ke arah Semarang, Lempuyangan (Yogyakarta) serta Cilacap.

Tiket KA Long Weekend libur Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama akhir Oktober sudah dapat dipesan mulai H-14 di aplikasi KAI Access, situs kai.id, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya..

“KAI Daop 8 Surabaya tetap mengedepankan protokol kesehatan saat melayani pelanggan pada libur long weekend. Ada 2 jenis protokol kesehatan yang diterapkan yaitu protokol kesehatan bagi Penumpang KA jarak menengah/jauh dan protokol kesehatan penumpang KA lokal,” ucapnya.

Protokol tersebut seperti pelanggan diharuskan dalam kondisi sehat, bermasker, menggunakan baju lengan panjang, dan menunjukkan Surat Bebas Covid-19 (Tes PCR/Rapid Test) yang masih berlaku (14 hari sejak diterbitkan) bagi penumpang KA jarak menengah/jauh, sementara untuk penumpang KA lokal tidak perlu surat bebas Covid-19. Guna menjaga jarak selama perjalanan, KAI juga hanya menjual tiket sebanyak 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia.

Sebagai upaya peningkatan pelayanan dalam menerapkan protokol kesehatan bagi penumpang KA Jarak Menengah/Jauh, KAI Daop 8 Surabaya bekerja sama dengan PT RNI menyediakan layanan rapid test di 5 stasiun, yaitu Stasiun Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Malang, Sidoarjo, Mojokerto.

Penyediaan layanan rapid test di stasiun bertujuan untuk memudahkan pelanggan sehingga tidak perlu mencari tempat rapid test di luar.

Konsistensi KAI Daop 8 Surabaya dalam menerapkan protokol kesehatan di lingkungan kereta api telah diakui dengan diperolehnya Safeguard Label SIBV. Safe Guard Label SIBV ini telah mengacu pada parameter yang disusun oleh ahli dan auditor Bureau Veritas, international best practices, World Health Organization (WHO), regulasi Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Suprapto mengatakan masyarakat tidak perlu ragu lagi dalam menggunakan berbagai layanan KAI, karena KAI telah disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

Dia berharap minat masyarakat untuk menggunakan kereta api kembali seperti sebelum adanya pandemi. “Perjalanan KA libur long weekend ini diharapkan dapat dimanfaatkan masyarakat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan menerapkan 3M yaitu, mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak,” ucapnya.(K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper