Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengembang Berharap Omnibus Law Dapat Gairahkan Sektor Properti

Sosialisasi mengenai UU Cipta Kerja menjadi penting agar pengusaha di daerah memahami dengan baik terkait isinya.
Ilustrasi./Bisnis-Abdurachman
Ilustrasi./Bisnis-Abdurachman

Bisnis.com, MALANG — Pengembang perumahan yang tergabung dalam Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia atau Apersi Jatim berharap dengan diundangkannnya Omnibus Law dapat menggairahkan sektor properti dengan menghilangkan hambatan-hambatan, terutama dari sisi aspek perizinannya.

Ketua DPD Apersi Jatim Makhrus Sholeh mengatakan dengan diundangkannya Omnibus Law maka permintaan perumahan, terutama apartemen, akan meningkat karena asing boleh memilikinya. Hal itu menjadi peluang bagi pengembang untuk menyediakan rumah.

“Tapi terus, kami di daerah, belum banyak tahu dengan baik isi dari Omnibus Law. Karena itulah, sosialisasi mengenai UU Cipta Kerja menjadi penting agar pengusaha di daerah memahami dengan baik terkait isinya,” ujarnya di Malang, Selasa (13/10/2020).

Mengenai bank tanah, dia nilai, juga positif. Dengan adanya bank tanah, maka dapat mengatasi pengembang terkait dengan penyediaan lahan. Pengembang bisa bekerja sama dengan pemerintah dalam penyediaan rumah, baik untuk program maupun komersial.

Yang paling penting, terkait dengan perizinan. Masalah perizinan, kata Makhrus, bagi pengembang sangat penting dalam mengerjakan proyek. Lancar dan tidaknya perizinan menentukan pula lancar dan tidaknya pengerjaan proyek perumahan.

Di bisnis properti, kata dia, ada banyak perizinan yang harus dilengkapi untuk memulai proyek. Mulai dari pengurusan tanah di BPN, maupun regulasi di pemda terkait site plan, IMB, dan lainnya.

Panjangnya perizinan selain berarti banyak biaya yang harus dikeluarkan pengembang, juga berarti lama. Hal itu jelas mempengaruhi biaya produksi terkait biaya perizinan, maupun jadwal pengerjaan proyek.

Oleh karena itulah, jika penyelesaian suatu izin tidak dapat diprediksikan kapan terbitnya, maka mempengaruhi kepastian kapan suatu proyek perumahan akan dapat dimulai pengerjaannya. Pengembang tidak merencanakan bisnis perumahan dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler