Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pembangunan Bendungan Semantok Bakal Rampung 2022

Bendungan Semantok yang berada di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur berkapasitas tampung 32,6 juta meter kubik.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 08 Oktober 2020  |  17:11 WIB
Kabupaten Nganjuk - eastjava.com
Kabupaten Nganjuk - eastjava.com

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terus meningkatkan jumlah tampungan air di Indonesia untuk mendukung ketahanan pangan dan air.

Pembangunan bendungan dilakukan di berbagai wilayah, salah satunya Bendungan Semantok yang berada di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur berkapasitas tampung 32,6 juta meter kubik.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa pengelolaan sumber daya air dan irigasi akan terus dilanjutkan dalam rangka mendukung produksi pertanian yang berkelanjutan.

Di samping itu, kehadiran bendungan juga memiliki potensi air baku, energi, pengendalian banjir, dan pariwisata yang akan menumbuhkan ekonomi lokal.

“Dengan demikian, pembangunan bendungan yang diikuti oleh pembangunan jaringan irigasinya dibangun dengan biaya besar dapat bermanfaat karena airnya dipastikan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani,” kata Menteri Basuki melalui siaran pers, Kamis (8/10/2020).

Salah satu bendungan di Nganjuk yang dikerjakan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas Ditjen Sumber Daya Air (SDA) yaitu Bendungan Semantok yang berfungsi untuk meminimalkan banjir yang terjadi di Kecamatan Rejoso serta menahan air yang berlimpah disaat musim penghujan.

Pekerjaan konstruksi Bendungan Semantok dilaksanakan 2017—2022. Secara keseluruhan bendungan tersebut akan rampung konstruksinya pada tahun 2022.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bendungan
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top