Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jatim Distribusikan Bantuan Ventilator untuk Kawasan Tapal Kuda

Jatim telah mendapatkan alat ventilator sebanyak 210 dari USAID melalui Kementerian Kesehatan.
Ilustrasi./Bloomberg-Angel Garcia
Ilustrasi./Bloomberg-Angel Garcia

Bisnis.com, SURABAYA – Pemerintah Provinsi Jawa Timur kembali mendistribusikan bantuan alat ventilator sebanyak 36 unit yang dikhususkan untuk RS rujukan di kawasan Tapal Kuda.

Gubenur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan Jatim telah mendapatkan alat ventilator sebanyak 210 dari USAID melalui Kementerian Kesehatan. Dari jumlah itu, sebanyak 36 unit didistribusikan untuk 19 RS rujukan di 7 daerah yakni Kabupaten dan Kota Probolinggo, Lumajang, Situbondo, Bondowoso, Jember dan Banyuwangi.

“Jatim dapat bantuan 210 unit ventilator, kemudian kita menyampaikan informasi ini ke 127 rumah sakit rujukan, lalu 102 di antaranya mengajukan ventilator dan yang kami bagi saat ini hingga tinggal Kota dan Kabupaten Kediri," katanya dalam rilis, Selasa (22/9/2020).

Dia mengatakan pendistribusian alat ventilator ini memang ditujukan bagi rumah sakit yang sangat membutuhkan, terutama untuk meningkatkan angka kesembuhan di daerah tersebut.

“Meskipun ventilator ini dibagikan sebagai penguatan layanan kuratif, tapi yang terpenting adalah hulu, dari penanganan Covid-19 sebenarnya adalah upaya preventifnya, bagaimanan kita harus disiplin pakai masker, menjaga jarak, cuci tangan,” ujarnya.

Dia menambahkan, selain menguatkan layanan kuratif dan preventif, Jatim juga aktif melakukan pendampingan Program keluarga harapan (PKH), pendamping desa, dan tagana.

“Mereka adalah relawan yang mendampingi para KPM (keluarga penerima manfaat), sejumlah masker agar disalurkan pada mereka yang masih belum cukup memiliki masker," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper