Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jatim Ekspor 19,2 Ton Kopi ke Inggris dan Gulirkan Kredit Usaha Rp330 Miliar

Tidak lama lagi kopi juga dapat dikirim ke negara-negara lainnya.
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (kiri) saat melepas ekspor kopi jenis robusta ke Inggris dari dari halaman Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Selasa (8/9/2020)./Antara-Fiqih Arfani
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (kiri) saat melepas ekspor kopi jenis robusta ke Inggris dari dari halaman Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Selasa (8/9/2020)./Antara-Fiqih Arfani

Bisnis.com, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melepas ekspor 19,2 ton kopi ke Inggris sebagai wujud memberikan nilai tambah semakin besar bagi masyarakat.

"Dengan adanya ekspor ini, diharapkan bisa membangun pasar yang lebih luas lagi," ujarnya di sela melepas ekspor kopi dari halaman Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Selasa (8/9/2020).

Pada kesempatan tersebut, turut mendampingi Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak, Kepala Perwakilan BI Jatim, Kepala OJK Regional IV Jatim, serta sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov setempat.

Kopi yang diekspor ke Inggris, kata dia, merupakan jenis robusta dan diharapkan tidak lama lagi juga dapat dikirim ke negara-negara lainnya.

Di tempat sama, orang nomor satu di Pemprov Jatim itu juga menyerahkan kredit dana bergulir dalam rangka pemulihan ekonomi dan meredam dampak akibat pandemi Covid-19.

Dana bergulir merupakan program bantuan pembiayaan kredit lunak untuk meningkatkan dan memperluas akses pembiayaan kepada usaha produktif, serta menanggulangi kemiskinan, pengangguran dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Sasarannya adalah para pelaku UMKM, pelaku IKM, Poktan atau Gapoktan, koperasi, BUMDesa, serta Lembaga Keuangan Mikro (LKM) lain.

Program yang diakselerasi oleh Bank Jatim dan BPR Jatim itu dapat dimanfaatkan untuk skema Petik, Olah, Kemas, Jual pada sektor pertanian, perikanan, perkebunan dan juga skema tunda jual dengan pola Rekening Koran Perbankan.

"Harapannya, skema dana bergulir ini berdampak komperehensif terhadap kehidupan ekonomi masyarakat sehingga secara perlahan akan memberikan daya dorong meningkatnya literasi dan inklusi keuangan," katanya.

Melalui penyaluran dana bergulir itu, lanjut dia, pertumbuhan ekonomi Jatim bisa kembali take off setelah pada Triwulan II Tahun 2020 terkontraksi minus 5,9 persen.

"Kami harap di September ini akan ada proses yang lebih maksimal lagi untuk bisa terus berlari kencang," tutur Khofifah.

Skema Kredit Dana Bergulir di Jatim ini meliputi Kredit modal kerja hingga Rp300 juta (bunga 3 persen, 4 persen dan 6 persen), kredit investasi sampai Rp500 juta (bunga 6 persen), serta kredit Petik, Olah, Kemas, Jual mencapai Rp10 miliar (bunga 6 persen).

Kemudian, kredit untuk IKM sampai Rp50 juta (bunga 4 persen), dan kredit dengan pola Rekening Koran (bunga 6 persen).

Dengan modal dana Rp330 miliar, program ini telah memfasilitasi 17.038 pelaku usaha di Jatim, kemudian tenaga kerja terserap mencapai sekitar 36.312 orang yang berkolerasi dapat menurunkan angka kemiskinan di Jatim.

Sejak pandemi Covid-19, dana bergulir yang telah disalurkan mencapai Rp12,83 miliar kepada 55 debitur yang penyalurannya berkontribusi dalam pemulihan ekonomi pelaku UMKM dari sisi permodalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper