Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jatim Produksi 2.314 Ton Bawang Putih

Kenyataannya harga bawang putih rata-rata di pasar saat ini turun.
Ilustrasi./Bisnis-Abdurachman
Ilustrasi./Bisnis-Abdurachman

Bisnis.com, SURABAYA – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jawa Timur mencatat pasokan komoditas bawang putih lokal asal Jatim pada semester I/2020 mencapai 2.314 ton dari hasil panen di lahan seluas 590 ha.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jatim, Hadi Sulistyo mengatakan dari hasil panen itu, tingkat konsumsi bawang putih selama semester I/2020 di Jatim itu mencapai 42.120 ton sehingga bisa disebut defisit 29.276 ton.

“Meski masih defisit, tetapi kenyataannya harga bawang putih rata-rata di pasar saat ini turun. Nah penurunan harga ini kemungkinan besar disebabkan adanya intervensi impor bawang putih sejak Maret 2020, di samping ada penurunan konsumsi bahan pokok di masyarakat,” jelasnya kepada Bisnis, Senin (10/8/2020).

Hadi mengatakan berdasarkan survei, harga rata-rata bawang putih di tingkat pasar/konsumen di Jatim selama semester I ini sekitar Rp29.936/kg. Harga ini turun 9,2 persen jika dibandingkan dengan harga pada semester I/2019 yakni Rp32.679/kg.

Sedangkan harga rata-rata bawang putih di tingkat petani di Jatim pada semester I/2020 yakni Rp21.592/kg, harga ini petani ini turun 45,3 persen jika dibandingkan rerata harga bawang putih petani pada periode sama tahun lalu yakni Rp31.379/kg.

Adapun panen bawang putih selama semester I ini tersebar di sentra produksi seperti Kabupaten Malang 474 ton, Kabupaten Banyuwangi 217 ton, Kabupaten Bondowoso 70 ton, Kabupaten Probolinggo 544 ton, Kabupaten Pasuruan 496 ton, Kabupaten Magetan 318 ton, dan Kota Batu 195 ton.

“Jadi secara umum kondisi perkembangan produksi dan distribusi bawang putih di Jatim masih stabil,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler