Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengendalian Banjir Surabaya, Pengerjaan Rumah Pompa Petekan Rp40 Miliar Dikebut

Rumah pompa ini fungsinya seperti gravitasi, ketika elevansi permukaan air sungai tinggi, maka air kemudian akan dipompa menuju ke laut dan begitu pula sebaliknya.
Rumah Pompa Petekan.
Rumah Pompa Petekan.

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya mulai kebut proyek pembangunan Rumah Pompa Petekan senilai Rp40 miliar yang ditarget rampung pada Desember 2020.

Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Surabaya Erna Purnawati mengatakan dengan rampungnya proyek tersebut diharapkan pada musim hujan berikutnya, sudah bisa dimanfaatkan.

"Jadi, kalau ada air pasang lagi nanti, diharapkan tidak sampai masuk ke kota ini, makanya kita tekankan tahun ini sudah harus beres,” katanya, Jumat (3/7/2020).

Dia menjelaskan Rumah Pompa Petekan tersebut dibangun dengan sistem buka tutup, sehingga perahu pelayaran bisa keluar masuk di Rumah Pompa Petekan itu. Selain itu, Rumah Pompa ini didesain heritage sehingga menjadi daya tarik wisata Sungai Kalimas.

"Rumah pompa ini fungsinya seperti gravitasi, ketika elevansi permukaan air sungai tinggi, maka air kemudian akan dipompa menuju ke laut dan begitu pula sebaliknya," jelasnya.

Erna menambahkan, Rumah Pompa Petekan ini merupakan proyek besar penanganan banjir di Kota Surabaya. Sarana pencegah banjir itu digadang-gadang menggantikan peran 20 rumah pompa di Surabaya Pusat dan Utara.

Adapun hingga saat ini proses pengerjaan Rumah Pompa Petekan tersebut sudah dalam tahap fabrikasi pintu air dan siap untuk dipasangkan. Nantinya akan ada 3 pompa dengan kapasitas 5 m3.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper