Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Makam Bercat Warna-warni Ramai Diperbincangkan

Kijing dan nisan di TPU itu terlihat berwarna-warni. Ada warna merah, kuning, hijau, ungu, biru, dan lainnya. Jalan ke makam juga dicat berwarna-warni.
Abdul Jalil
Abdul Jalil - Bisnis.com 29 Juni 2020  |  06:59 WIB
Tempat Pemakaman Umum di Kelurahan Tawangrejo, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun atau Makam Nguwot terlihat warna-warni, Sabtu (27/6/2020). - JIBI/Abdul Jalil
Tempat Pemakaman Umum di Kelurahan Tawangrejo, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun atau Makam Nguwot terlihat warna-warni, Sabtu (27/6/2020). - JIBI/Abdul Jalil

Bisnis.com, MADIUN – Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kelurahan Tawangrejo, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun terlihat berbeda dari permakaman umum lainnya. Makam di TPU ini dicat warna-warni.

Pantauan JIBI, Kijing dan nisan di TPU itu terlihat berwarna-warni. Ada warna merah, kuning, hijau, ungu, biru, dan lainnya. Jalan ke makam juga dicat berwarna-warni.

TPU yang dikenal dengan sebutan Makam Nguwot itu kini viral di media sosial. Banyak warga yang datang ke makam untuk melihat dan berfoto di area makam. Hal ini sekaligus menghilangkan kesan angker di TPU ini.

Pengurus Makam Nguwot, Gunawan, mengatakan pengecatan makam ini dilakukan untuk kegiatan lomba kebersihan makam yang diselenggarakan Dinas Pertamanan dan Kawasan Permukiman Kota Madiun. Makam ini dicat dengan beragam cat warna-warni untuk menghilangkan kesan seram.

“Kegiatan pengecatan ini sekaligus untuk dilombakan dalam lomba kebersihan makam,” kata dia, Sabtu (27/6/2020).

Untuk mengecat seluruh makam dan area pemakaman ini dibutuhkan cat sebanyak 50 liter. Sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk mengecat semua makam yaitu selama sebulan. Gunawan menuturkan selain dicat warna-warni, area makam juga ditanami bunga supaya lebih indah.

Pihaknya mengaku sudah mendapatkan izin dari keluarga ahli waris untuk melakukan pengecatan itu. “Sudah izin ahli waris. Bahkan mereka juga ikut membantu dalam mengecat makam,” jelas dia.

Saat ini, di lokasi makam juga dipasangi lampu yang cukup terang. Sehingga lokasi makam sudah tidak terkesan angker lagi. TPU di Kelurahan Tawangrejo ini berhasil menyabet sebagai juara pertama lomba kebersihan makam tingkat Kota Madiun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

unik jatim

Sumber : JIBI/Solopos

Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top