Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Meningkatkan Imunitas Lawan Covid-19, Tiga Segmen Ini Perlu Diperhatikan

Nutrisi yang diperlukan dalam menghadapi Covid-19 a.l vitamin A, B6, B12, C, D, E, Folate, Copper, Iron, Zinc dan Selenium
Universitas Muhammadiyah Malang.
Universitas Muhammadiyah Malang.

Bisnis.com, MALANG - Jiwa, pikiran, dan tubuh masing-masing memerlukan nutrisi untuk meningkatkan imunitas tubuh untuk mencegah infeksi virus dan bakteri, terutama Covid-19.

Dokter Rumah Sakit Umum Universitas Muhammadiyah Malang (RSU UMM) dan Dosen Fakultas Kedokteran UMM dr. Gita Sekar Prihanti, menjelaskan bahwa manusia terdiri dari soul, mind and body, dan dari masing-masing komponen tersebut perlu diberi nutrisi agar dapat meningkatkan imunitas tubuh.

"Nutrisi yang diperlukan tubuh manusia terutama yang berperan dalam menghadapi Covid-19 karena terbukti berperan dalam meningkatkan imunitas tubuh a.l vitamin A, B6, B12, C, D, E, Folate, Copper, Iron, Zinc dan Selenium, " katanya di Malang, Kamis (25/6/2020).

Micronutrient tersebut paling utama didapatkan dari sumber makanan. Suplemen yang berisi micronutrient yang dimaksud hanya dibutuhkan untuk individu yang tidak mampu memenuhi kebutuhan nutrisinya dari makanan, individu yang berisiko atau telah terinfeksi Covid-19 dengan atau tanpa memiliki komorbid (penyakit penyerta).

Dia juga menambahkan bahwa kegiatan karantina di rumah dalam waktu lama yang bertujuan untuk menurunkan risiko infeksi sebenarnya juga dapat menimbulkan masalah baru berupa penurunan aktivitas fisik. Dampaknya, penambahan berat badan, penurunan imunitas dan berkurangnya kekuatan otot tubuh yang dapat membawa progresivitas komplikasi penyakit kronik. Sejak kegiatan olahraga ditemukan dapat meningkatkan sistem imun, maka anjuran aktivitas fisik menjadi salah satu cara untuk meningkatkan imunitas.

"Olahraga sederhana di rumah saja untuk menjaga kebugaran tubuh. Lakukanlah aktivitas fisik di rumah secara bertahap dan rutin dengan memperhatikan kondisi kesehatan masing-masing individu,” paparnya.

Dokter Gita lantas merekomendasikan aktifitas fisik karena itu merupakan salah salah satu cara manajemen stres.

Manusia juga butuh nurtrisi untuk pikiran (mind), yakni dengan berusaha berpikir positif sebagai bagian dari manajemen stres dan selalu berusaha menggunakan informasi yang bermanfaat serta valid (dapat dipercaya).

“Karena sekali pikiran negatif dibiarkan masuk, maka akan terjadi ‘banjir bandang’ yang akan menimbulkan kecemasan, kesedihan, stres sehingga dapat menurunkan imunitas, dan pada akhirnya resiko gangguan kesehatan makin meningkat,” tegasnya.

Stres dapat muncul baik karena karantina di rumah, perawatan di rumah sakit, social distancing, faktor ekonomi, pekerjaan, maupun kecemasan terinfeksi Covid-19 dan masih banyak stresor lainnya. Stres yang dialami dan proses karantina panjang di rumah dapat mengakibatkan perubahan pola makan, baik dari segi jumlah, jadwal dan jenis makanan.

Oleh karena itu manajemen stress yang konstruktif sangat diperlukan untuk meningkatkan imunitas.

Sedangkan soul atau jiwa yang merupakan bagian terbesar dari manusia karena mempengaruhi mind and body juga perlu diberi nutrisi melalui terapi spiritual.

Istilah yang menarik untuk pendekatan agama untuk meningkatkan imunitas ini disebut juga qur’anic immunity. Rasa syukur di setiap langkah kehidupan perlu dikedepankan sebagai salah satu upaya meningkatkan imunitas.

“Pendekatan agama ini juga merupakan salah satu manajemen stres yang konstruktif sehingga dapat meningkatkan imunitas yang dibutuhkan terutama ketika menghadapi pandemi Covid-19,” tandasnya. (K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper