Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kasus Corona Melonjak, Beredar Kabar Surabaya Raya Kembali Berlakukan PSBB

Pemerintah kabupaten/kota selaku penguasa wilayah bisa mengajukan usul untuk memberlakukan PSBB dan pemerintah provinsi akan mendukung proses pengajuannya.
Zonasi risiko penularan Covid-19 di Jawa Timur./Twitter @JatimPemprov
Zonasi risiko penularan Covid-19 di Jawa Timur./Twitter @JatimPemprov

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur  (Jatim) menyerahkan pemutusan perkara penerapan kembali pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk mengendalikan penularan virus corona penyebab Covid-19 ke masing-masing pemerintah daerah (pemda).

"Kami sifatnya hanya memediasi terkait penanganan Covid-19 dan PSBB yang menentukan juga bukan dari Pemprov," kata Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Heru Tjahjono selaku Koordinator PSBB Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur ketika dimintai keterangan di Surabaya, Jumat (19/6/2020) pagi.

Ia mengatakan, pemerintah kabupaten/kota selaku penguasa wilayah bisa mengajukan usul untuk memberlakukan PSBB dan pemerintah provinsi akan mendukung proses pengajuannya. 

Kabar mengenai penerapan kembali PSBB di Surabaya Raya yang meliputi Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Gresik menjadi pembicaraan publik di media sosial.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyatakan bahwa masing-masing pemda berwenang mengajukan usul untuk menerapkan kembali PSBB.

Heru menyatakan bahwa pihaknya selalu bersinergi dengan pemerintah kabupaten/kota dalam menanggulangi Covid-19, termasuk dalam hal memantau perkembangan kasus dan penanganannya.

Menurut data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur, hingga Kamis (18/6/2020) pukul 17.00 WIB jumlah akumulatif pasien Covid-19 di Jawa Timur mencapai 8.913 orang, bertambah 316 orang dibandingkan dengan hari sebelumnya. Jumlah pasien yang sembuh sebanyak 2.565 orang dan pasien yang meninggal dunia 681 orang.

Di kawasan Surabaya Raya saja, jumlah pasien Covid-19 secara keseluruhan mencapai 4.383 orang (bertambah 121 orang) dengan perincian 1.426 orang sudah sembuh dan 338 orang meninggal dunia.

Jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Sidoarjo secara keseluruhan mencapai 1.114 orang (bertambah 57 orang), 170 orang sudah sembuh dan 87 orang meninggal dunia.

Sementara di Kabupaten Gresik, jumlah pasien positif Covid-19 secara keseluruhan mencapai 410 orang (bertambah 25 orang), 56 orang sudah sembuh dan 40 orang meninggal dunia.


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler