Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Covid-19 di Surabaya, Ada Pasien Meninggal Murni Akibat Corona

Sebanyak 300 orang meninggal disertai dengan komorbid dan 28 orang murni Covid-19.
Grafis pasien terkonfirmasi Covid-19 dan penyakit penyerta di Kota Surabaya./Pemprov Jatim
Grafis pasien terkonfirmasi Covid-19 dan penyakit penyerta di Kota Surabaya./Pemprov Jatim

Bisnis.com, SURABAYA - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya menyebut banyak pasien virus corona yang meninggal di Ibu Kota Provinsi Jawa Timur itu disertai penyakit penyerta atau komorbid.

Koordinator Bidang Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya Febria Rachmanita di Surabaya Rabu (17/6/2020) mengatakan Dinas Kesehatan Surabaya mencatat data kumulatif hingga 15 Juni 2020 jumlah pasien terkonfirmasi Covid-19 meninggal dunia sebanyak 328 orang.

"Dari jumlah tersebut, sebanyak 300 orang meninggal disertai dengan komorbid dan 28 orang murni Covid-19," katanya.

Menurut dia, penyakit penyerta yang tertinggi itu diabetes mellitus (DM), hipertensi, komplikasi DM dan hipertensi serta penyakit jantung.

Feny menjelaskan untuk DM tanpa komplikasi di Surabaya terdapat 57 kasus, DM dengan komplikasi ada 62 kasus. Kebanyakan mereka rata-rata telah memasuki usia lanjut.

"Sedangkan persentase pasien positif Covid-19 yang meninggal yakni laki-laki 52,13 persen dan perempuan 55 - 64 persen," ujarnya.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya menyarankan agar mereka harus berhati-hati, DM-nya harus terkontrol, hipertensinya harus terkontrol.

"Kalau bisa mereka isolasi di rumah sendiri tidak keluar kalau tidak penting, apalagi yang usianya sudah lansia," kata Kepala Dinas Kesehatan Surabaya ini.

Sementara itu, Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSUD dr Soewandhie Surabaya dr Mulyadi, SpPD mengatakan pasien Covid-19 di Surabaya sebagian besar meninggal disertai dengan komorbid atau penyakit dalam. Komorbid yang tertinggi didominasi penyakit T2DM (Type 2 diabetes mellitus) kemudian hipertensi dan jantung.

"Jadi orang Covid-19 banyak meninggalnya karena pneumonia ARDS (acute respiratory distress syndrome). Nah, peningkatan jumlah pneumonia itu berbarengan dengan jumlah komorbid diabetes," ujarnya.

Ia menyebut data kumulatif hingga 9 Juni 2020 di RSUD dr Soewandhie Surabaya persentase komorbid pada pasien Covid-19 yang dirawat ada sekitar 23 persen disertai dengan T2DM, 17 persen dengan hipertensi dan 8 persen penyakit jantung.

"Jadi orang yang meninggal ataupun yang sakit dengan Covid-19 itu kebanyakan dengan komorbid. Selain diabetes, ada darah tinggi (hipertensi) dan penyakit jantung," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper