Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kota Surabaya Sumbang 61,8 Persen Tambahan Covid-19 di Jatim

Masyarakat diimbau tidak euforia setelah tak diperpanjangnya masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), khususnya di wilayah Surabaya Raya.
Pedagang menunggu pembeli di Pasar Blauran, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (9/6/2020). Pada hari pertama masa transisi normal baru di Surabaya pengunjung di pasar itu terpantau sepi./Antara-Didik Suhartono
Pedagang menunggu pembeli di Pasar Blauran, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (9/6/2020). Pada hari pertama masa transisi normal baru di Surabaya pengunjung di pasar itu terpantau sepi./Antara-Didik Suhartono

Bisnis.com, SURABAYA - Kasus positif Covid-19 di Jawa Timur pada Rabu (10/9/2020) bertambah 304 kasus sehingga secara kumulatif 6.798 kasus positif corona.

Pemprov Jatim mengumumkan dari total kasus, tambahan orang terinfeksi Covid-19 dari Kota Surabaya 188 orang atau 61,8 persen kasus di Jawa Timur. Kumulatif pasien corona di Kota Pahlawan sebanyak 3.627 orang.

Adapun Sidoarjo mengalami penambahan orang terinfeksi Covid-19 sebanyak 28 orang menjadi 818 kasus. Sedangkan Gresik bertambah 9 orang menjadi 247 kasus dengan Covid-19.

Penambahan kasus cukup banyak terjadi di Bangkalan dengan 23 kasus baru sehingga kumulatif menjadi 117 orang.

Data yang dirilis Pemprov Jatim berbeda dengan data nasional yang menyebutkan terdapat penambahan 273 kasus di Jatim, sehingga total kasus menjadi 6.806 kasus. Perbedaan tersebut karena ada perbedaan hasil penelusuran orang terinfeksi.

Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Timur mengimbau masyarakat tidak euforia setelah tak diperpanjangnya masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), khususnya di wilayah Surabaya Raya.

"Kami mohon jangan euforia dengan adanya kelonggaran. Justru saat ini kita memasuki budaya baru," ujar Ketua Rumpun Tracing Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Timur dr Kohar Hari Santoso di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Rabu malam.

Normal baru, kata dia, antara lain beraktivitas menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, jaga jarak fisik dan sosial sehingga terbiasa menjalankan pola hidup bersih dan sehat.

"Satu lagi, yaitu jaga imunitas. Kalau tertular jangan sakit dan kalau sakit jangan yang berat atau meninggal dunia. Sekali lagi, selalu menjalankan protokol kesehatan di manapun berada," ucap Direktur RS Saiful Anwar Malang tersebut.

Di Surabaya Raya, yang meliputi Kota Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik saat ini memasuki masa transisi menuju normal baru selama 14 hari yang dimulai 9 Juni 2020 dan berakhir pada 22 Juni 2020.

Terkait dengan penambahan kasus hari ini di tiga daerah tersebut, di Surabaya bertambah 188 orang positif Covid-19 (total 3.627 orang), sembuh 37 orang, dan meninggal dunia enam orang.

Di Sidoarjo, kasus positif Covid-19 bertambah 24 orang (total 818 orang), sembuh 22 orang, dan meninggal dunia empat orang, di Gresik, kasus positif COVID-19 bertambah sembilan orang (total 247 orang), tidak ada kasus sembuh, dan meninggal dunia empat orang.

Tambahan kasus positif Covid-19 di Jatim sebanyak 304 orang sehingga secara keseluruhan mencapai 6.798 orang.

Pasien sembuh tambahannya 112 orang sehingga totalnya 1.793 orang atau 26,38 persen, sedangkan kasus meninggal dunia tambahannya 23 orang dan totalnya 553 orang atau 8,13 persen.

Terkait dengan kasus pasien dalam pengawasan (PDP) di Jatim jumlahnya 7.735 orang, orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 25.995 orang, dan orang tanpa gejala mencapai 21.835 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Ulum
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Twitter dan Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper