Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ekonomi di Masa Pandemi, Sektor Riil Harus Mendapat Perhatian Besar

Sebagian besar pelaku ekonomi berada di sektor tersebut.
Choirul Anam
Choirul Anam - Bisnis.com 08 Mei 2020  |  15:17 WIB
Foto aerial kawasan industri. - Bisnis/Himawan L Nugraha
Foto aerial kawasan industri. - Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, MALANG — Sektor riil harus mendapatkan perhatian besar di era pandemi ini karena sebagian besar pelaku ekonomi berada di sektor tersebut.

Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Prof. Ahmad Erani Yustika mengatakan jalur transmisi Covid-19 ke arena ekonomi nasional dapat melalui berbagai bidang, namun akan berdampak parah jika menyerang sektor riil, karena sebagian besar pelaku ekonomi berada di sektor itu.

“Ekspektasi terhadap ekonomi di Indonesia pada sektor riil dapat dilihat dari dua indikator, yaitu penjualan semen dan kendaraan bermotor,” katanya dalam keterangan resminya, Jumat (8/5/2020).

Berdasarkan data Asosiasi Semen Indonesia, konsumsi semen pada bulan Januari-Februari sebanyak 10,90 juta ton, atau turun 4,03%, sedangkan menurut Asosiasi Sepeda Motor Indonesia penurunan penjualan sepeda motor berkisar 25 sampai 30%, dan penjualan mobil pada bulan Maret turun 15%.

Selain sektor riil, jalur transmisi krisis juga dapat mengenai empat sektor lainnya, yaitu moneter, perbankan, fiskal, dan neraca pembayaran. Untuk itu pemerintah dan masyarakat berjibaku melakukan hal-hal terbaik dengan menggunakan modal finansial dan modal sosial untuk membantu masyarakat yang terkena dampak Covid-19.

Menurut Erani, saat ini yang bisa dilakukan adalah membuat ruang-ruang yang memungkinkan kehidupan dapat berjalan dengan baik, meskipun tidak pada level optimal, namun tentunya dengan memperhatikan protokol kesehatan dari pemerintah.(K24)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pertumbuhan Ekonomi jawa timur
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top