Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jatim Tangkal Corona, Siapkan 62 RS dan 152 Dokter Paru-Paru

Terdapat apartemen yang belum dipakai jika memang sangat dibutuhkan
Newswire
Newswire - Bisnis.com 20 Maret 2020  |  14:30 WIB
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan di kawasan Jalan Gajah Mada, Denpasar, Bali, Rabu (18/3/2020). Penyemprotan disinfektan di sejumlah ruas jalan protokol di Denpasar tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19. - Antara/Fikri Yusuf
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan di kawasan Jalan Gajah Mada, Denpasar, Bali, Rabu (18/3/2020). Penyemprotan disinfektan di sejumlah ruas jalan protokol di Denpasar tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19. - Antara/Fikri Yusuf

Bisnis.com, SURABAYA — Pemerintah Provinsi Jawa Timur menambah layanan dan fasilitas penanganan kasus Covid-19 menjadi sebanyak 62 rumah sakit terutama untuk kesiapan pelaksanaan rapid test corona.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan sebelumnya ada 44 rumah sakit yang disiagakan untuk penanganan kasus penyebaran virus corona ini. Namun dengan adanya rencana percepatan deteksi dini virus asal China ini, perlu penambahan fasilitas layanan.

"Fasilitas kita tambah menjadi 62 rumah sakit yang akan menyiapkan layanan dengan ruang isolasi. Di Malang ada RS baru, mereka akan siapkan 200 bed. Bupati Madiun juga punya rumah sakit baru belum ditempati, jika ada kebutuhan tambahan," ujarnya dalam konferensi pers, Jumat (20/3/2020).

Bahkan, lanjut Khofifah, terdapat apartemen yang belum dipakai jika memang sangat dibutuhkan untuk layanan perawatan pasien corona.

"Kita juga akan hitung semua persiapan sampai tim expert yakni dokter paru-paru yang tercatat ada 152 dokter. Ini merupakan frontline dari berbagai upaya penanganan," imbuhnya.

Khofifah menambahkan saat ini pemprov juga sedang berkoordinasi untuk persiapan pengadaan peralatan rapid test. Bahkan ada rumah sakit yang menyatakan siap untuk membeli alat-alat tersebut.

"Mudah-mudahan gotong royong makin hari terbangun dengan baik. Kita harus bersama-sama lawan Covid-19 ini," ujarnya.

Bukan hanya itu, tambah Khofifah, pemprov Jatim juga melibatkan Kodam V Brawijaya, Polda Jatim, Lantamal V Surabaya untuk membantu proses tracing penyebaran Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jawa timur Virus Corona

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top