Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kapal Pesiar Viking Sun Diizinkan Berlabuh di Surabaya

Dinas Kesehatan sudah menyiapkan berbagai antisipasi pencegahan virus corona.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 04 Maret 2020  |  08:33 WIB
Ilustrasi. - Bisnis.com
Ilustrasi. - Bisnis.com

Bisnis.com, SURABAYA – Pemerintah Kota Surabaya secara khusus menyiapkan satgas dan peralatan kesehatan untuk memeriksa seluruh penumpang kapal pesiar Viking Sun yang rencananya akan berlabuh di Pelabuhan Perak Surabaya pada 6 Maret 2020.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengatakan Dinas Kesehatan sudah menyiapkan berbagai antisipasi pencegahan virus corona termasuk pemeriksaan terhadap pintu masuk Surabaya. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Kemenkes dan Kedubes.

“Jadi sebelum mereka (penumpang kapal pesiar) mendarat, akan ada pemeriksaan semuanya secara menyeluruh. Kalau ada indikasi ya tidak boleh turun, tapi kalau tidak, ya tidak apa-apa,” katanya seperti dikutip dalam rilis, Selasa (3/3/2020).

Dia menjelaskan kapal pesiar berbendera Norwegia itu datang dari Pulau Karangjamuang dengan mengangkut 1.300 orang yang rerata berasal dari Australia dan London. Sebelum berangkat ke Surabaya, seluruh penumpang itu juga sempat dilakukan pemeriksaan di Karangjamuang.

“Jadi begitu ada yang panas atau ada gejala corona, maka kapal tidak jadi mendarat,” imbuhnya.

Meski banyak keinginan masyarakat agar kapal tersebut tidak boleh berlabuh di Perak, tetapi Pemkot Surabaya menegaskan bahwa tidak punya kewenangan untuk melarang kapal tersebut.

Risma menambahkan, pemkot juga akan terus memberikan fasilitas cuci tangan di berbagai taman dan sekolah sebagai upaya pencegahan pencegahan berbagai macam virus dan penyakit dengan menjaga kebersihan dan sistem imun pada tubuh.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surabaya, Antiek Sugiharti menyampaikan selama waktu sandar di Surabaya, para penumpang kapal akan melakukan aktivitas wisata yang terbagi sesuai dengan paket yang dijual oleh tour operator (Destination Asia Indonesia).

“Selain melakukan tour di Surabaya, penumpang kapal juga ada yang melakukan kunjungan di luar Kota Surabaya dengan estimasi peserta sejumlah 75 orang,” kata Antiek.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

surabaya jawa timur Virus Corona
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top