Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kapal Pesiar Viking Sun Diizinkan Berlabuh di Surabaya

Dinas Kesehatan sudah menyiapkan berbagai antisipasi pencegahan virus corona.
Ilustrasi./Bisnis.com
Ilustrasi./Bisnis.com

Bisnis.com, SURABAYA – Pemerintah Kota Surabaya secara khusus menyiapkan satgas dan peralatan kesehatan untuk memeriksa seluruh penumpang kapal pesiar Viking Sun yang rencananya akan berlabuh di Pelabuhan Perak Surabaya pada 6 Maret 2020.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengatakan Dinas Kesehatan sudah menyiapkan berbagai antisipasi pencegahan virus corona termasuk pemeriksaan terhadap pintu masuk Surabaya. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Kemenkes dan Kedubes.

“Jadi sebelum mereka (penumpang kapal pesiar) mendarat, akan ada pemeriksaan semuanya secara menyeluruh. Kalau ada indikasi ya tidak boleh turun, tapi kalau tidak, ya tidak apa-apa,” katanya seperti dikutip dalam rilis, Selasa (3/3/2020).

Dia menjelaskan kapal pesiar berbendera Norwegia itu datang dari Pulau Karangjamuang dengan mengangkut 1.300 orang yang rerata berasal dari Australia dan London. Sebelum berangkat ke Surabaya, seluruh penumpang itu juga sempat dilakukan pemeriksaan di Karangjamuang.

“Jadi begitu ada yang panas atau ada gejala corona, maka kapal tidak jadi mendarat,” imbuhnya.

Meski banyak keinginan masyarakat agar kapal tersebut tidak boleh berlabuh di Perak, tetapi Pemkot Surabaya menegaskan bahwa tidak punya kewenangan untuk melarang kapal tersebut.

Risma menambahkan, pemkot juga akan terus memberikan fasilitas cuci tangan di berbagai taman dan sekolah sebagai upaya pencegahan pencegahan berbagai macam virus dan penyakit dengan menjaga kebersihan dan sistem imun pada tubuh.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surabaya, Antiek Sugiharti menyampaikan selama waktu sandar di Surabaya, para penumpang kapal akan melakukan aktivitas wisata yang terbagi sesuai dengan paket yang dijual oleh tour operator (Destination Asia Indonesia).

“Selain melakukan tour di Surabaya, penumpang kapal juga ada yang melakukan kunjungan di luar Kota Surabaya dengan estimasi peserta sejumlah 75 orang,” kata Antiek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler