Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Probolinggo Bakal Kembangkan Destinasi Air Terjun Bidadari

Air terjun Purba Tirai Bidadari di Desa Jangkang karena memiliki karakter yang langka dan menyimpan banyak fenomena alam yang menarik.
Pesona keindahan air terjun Purba Tirai Bidadari di Desa Jangkang, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo./Antara-Pemkab Probolinggo
Pesona keindahan air terjun Purba Tirai Bidadari di Desa Jangkang, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo./Antara-Pemkab Probolinggo

Bisnis.com, PROBOLINGGO - Pemerintah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, berencana menggarap secara serius pengembangan potensi wisata air terjun Purba Tirai Bidadari di Desa Jangkang karena memiliki karakter yang langka dan menyimpan banyak fenomena alam yang menarik.

"Kami sudah survei dan tinjau lokasi bersama Tim Percepatan Peningkatan Ekonomi Kreatif Kabupaten Probolinggo pada spot pandang air terjun Purba Tirai Bidadari di Desa Jangkang, Kecamatan Tiris," kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Probolinggo Sugeng Wiyanto di Probolinggo, Selasa (25/2/2020).

Untuk meninjau potensi wisata baru ini, tim khusus Pemkab Probolinggo yang terdiri dari OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait, legislatif dan Perhutani Probolinggo itu memanfaatkan jalur wisata "spot pandang Air Terjun Purba Tirai Bidadari" yang sebelumnya telah diupayakan oleh warga masyarakat Dusun Lalangan, Desa Jangkang beberapa waktu yang lalu.

"Kami akan melakukan perencanaan dan desain yang tepat, kemudian pelaksanaannya dilakukan secara bertahap pada tahun 2021 dan diupayakan pembangunan infrastruktur pada dua sisi pada Desa Jangkang dan Ranugedang, agar potensi alam itu bisa dinikmati dari dua desa tersebut," tuturnya.

Agar menjadi sebuah destinasi wisata yang mumpuni, masyarakat setempat harus siap bekerja keras dengan langkah awal secara mandiri swadaya dan partisipatif memiliki peran yang sangat penting sebagai awal sebuah perencanaan.

"Lokasinya berada di antara dua desa yakni Desa Jangkang dan Desa Ranugedang, sehingga akan dibahas lebih lanjut bersama dua desa, agar pengelolaannya lebih baik. Hal itu merupakan salah satu upaya untuk mendorong pemerintah desa untuk segera membentuk kelompok sadar wisata (pokdarwis)," katanya.

Sementara itu anggota DPRD Kabupaten Probolinggo Wahid Nurahman mengatakan Pemkab Probolinggo memang sedang memprioritaskan pada pengembangan sektor pariwisata dalam rangka percepatan peningkatan PDRB, sementara Kecamatan Tiris masih masuk zona merah kemiskinan.

"Dengan menemukan spot-spot wisata berkualitas seperti air terjun Tirai Bidadari, agar bisa dikembangkan menjadi industri pariwisata seiring dengan meningkatnya kunjungan wisatawan di Kabupaten Probolinggo yang harapannya kesejahteraan masyarakat setempat bisa meningkat," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper