Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Universitas Terbuka Surabaya, Kiat Sukses Kuliah Diperlukan DUIIIIIT

Universitas Terbuka Surabaya (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 25 Februari 2020  |  19:58 WIB
Foto bersama Direktur UT UPBJJ Surabaya Dr.Suparti, M.Pd(dua dari kanan), Warek III, Dr. Muhammad Yunus, MA beserta narasumber dan para mahasiswa Pascasarjana acara OSMB yang digelar di Kantor UPBJJ UT Surabaya Kampus C Unair.
Foto bersama Direktur UT UPBJJ Surabaya Dr.Suparti, M.Pd(dua dari kanan), Warek III, Dr. Muhammad Yunus, MA beserta narasumber dan para mahasiswa Pascasarjana acara OSMB yang digelar di Kantor UPBJJ UT Surabaya Kampus C Unair.

Bisnis.com, SURABAYA -- Universitas Terbuka Surabaya (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984.

UT memiliki 4 Fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan satu Program Pascasarjana.

Pada tahun 2015 UT menyelenggarakan program studi yang terdiri dari 28 Program Sarjana Non Pendas (25 Program Sarjana dan 3 Program Diploma). Hingga saat ini UT juga memiliki Program Pascasarjana sebanyak 7 Program Study Magister (S2) dan 2 Program Study Doktor (S3).

"Agar sukses kuliah menuntut ilmu diperlukan Duiiiit," ungkap Direktur UT UPBJJ Surabaya Dr.Suparti, M.Pd pada Sabtu, (22/2/2020) saat memberikan motivasi pada Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) Program Pascasarjana bersama Dr.Muhamad Yusnus dan Dr. Pardamean Daulay di Universitas Terbuka Negeri Surabaya.

Beliau menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan DUIIIIIT (dengan 5 'i') merupakan singkatan dari Doa-Usaha-Ikhtiar-Ikhlas-Inisiatif-Istiqomah-Istighfar dan Tawakal. Hal tersebut merupakan motivasi bagi para mahasiswa dimana menuntut ilmu dan belajar bisa dimulai dengan Duiiiiit. “Tentu saja usahanya wajib istiqomah dan hasilnya kita serahkan, tawakal sepenuhnya kepada Tuhan Yang Mahaesa,” imbuhnya.

OSMB yang digelar di Kantor UPBJJ UT Surabaya Kampus C Unair tersebut sebelumnya dibuka oleh Wakil Rektor (Warek) III, Dr. Muhammad Yunus. Diikuti Mahasiswa baru program pascasarjana baik S2 maupun S3 dari berbagai program studi.

Dalam kesempatan tersebut Warek III menyampaikan berdasarkan Keputusan Menristekdikti Nomor 790/KPT/I/2019 tanggal 03 September 2019 Universitas Terbuka Negeri mendapatkan penugasan membuka dan menyelenggarakan Program Pendidikan Strata 3 (S3) atau Doktor dengan sistem Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Untuk Pertama Kalinya yang dibuka yaitu Program Doktor Administrasi Publik.

Berbeda dengan Program Studi S1 yang masuknya tanpa melalui tes, namun untuk Program Pasca Sarjana S2 dan S3 ada tes masuk. Program Doktor S3 tahun ini diikuti 220 pendaftar dan setelah dilakukan tes hanya 80 orang dinyatakan diterima.

Pada tahap awal ini sistem layanan pembelajaran dengan menggunakan tutorial online (Tuton) dan tutorial tatap muka (TTM) serta Tutorial Online (Tuton) dan  tutorial berbasis web (Tuweb).

Tuton + TTM dilaksanakan UPBJJ UT Jember dan Serang untuk Program Doktor Ilmu Manajemen dan UPBJJ UT Surabaya dan Serang untuk Program Doktor Administrasi Publik. Sedangkan layanan Tuton + Tuweb dikoordinasikan langsung di Universitas Terbuka Negeri Pusat.

Universitas Terbuka Negeri merupakan kampus berbasis pendidikan tanpa batasan usia peserta, tanpa batasan lama studi, tanpa batasan waktu dan tempat belajar dengan biaya terjangkau. Sangat cocok bagi siapa saja yang karirnya ingin tetap berjalan tanpa mengganggu waktu bekerja.

Kuliah di Universitas Terbuka Negeri bisa dari mana saja bisa juga sambil bekerja atau aktivitas lainnya. Karir OK Kuliah OK, Kuliah tanpa kos, hemat ongkos tapi tetap nge-jooos.

Untuk informasi terkait proses pembelajaran bisa mengunjungi web kami di www.ut.ac.id atau bisa langsung mengunjungi kampus kami di alamat: Kampus C Unair Jl. Mulyorejo Surabaya, No WA UT Surabaya 0895617034951, 085945611571.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

universitas terbuka
Editor : Media Digital

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top