Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Industri Mainan Hadapi Peluang dan Tantangan Imbas Corona

Selama ini yang menjadi pesaing besar industri kita adalah produk impor terutama dari China.
Ilustrasi perajinan mainan.
Ilustrasi perajinan mainan.

Bisnis.com, SURABAYA – Industri mainan di Jawa Timur menyebut kondisi wabah virus corona dapat menjadi peluang untuk meningkatkan penjualan tetapi juga menghasilkan tantangan besar lantaran sulitnya mendapatkan bahan baku impor.

Ketua Bidang Mainan Kayu, Asosiasi Pengusaha Mainan Indonesia (APMI) Indonesia, Winata Riangsaputra mengatakan adanya wabah virus yang membuat akses ekspor-impor ke China ditutup itu diperkirakan bisa menurunkan kinerja impor mainan sampai 15 persen di kuartal I/2020.

“Selama ini yang menjadi pesaing besar industri kita adalah produk impor terutama dari China. Kondisi ini tentunya menjadi peluang bagi kami di pasar domestik, apalagi produk industri kami sudah memiliki SNI,” katanya, Rabu (19/2/2020).

Namun begitu, katanya, saat ini masih banyak sisa produk mainan impor China yang beredar di pasaran bahkan tidak memiliki label SNI. Umumnya produk-produk impor non-SNI itu dijual melalui online yang masih menjadi tantangan bagi industri.

Di sisi lain, kata Winata, industri mainan sendiri masih sangat bergantung pada bahan baku impor yang diakui banyak datang dari China karena harganya lebih murah sehingga mampu menekan biaya produksi di Indonesia. Penutupan akses ekspor-impor ke China ini pun akhirnya menghambat proses produksi karena kurangnya bahan baku misalnya kain untuk boneka, magnet, dan baut.

“Namun kebutuhan bahan baku untuk produksi mainan ini bervariasi, bergantung jenis mainannya. Kalau untuk mainan boneka kebutuhan bahan baku impornya bisa 80 persen, mainan kayu 60 persen dan mainan plastik box butuhnya 40 persen,” jelas Winata.

Untuk sementara ini, tambahnya, pengusaha kemungkinan akan mengambil bahan baku alternatif dari negara lain seperti Thailand, Taiwan, dan Korea Selatan atau bahkan bisa jadi menunda pembelian bahan baku sampai supplier bahan baku China kembali buka.

Dia menambahkan, hambatan industri mainan dengan orientasi ekspor juga terjadi, pasalnya terjadi pembatalan beberapa event pameran di China, termasuk pameran di Indonesia pada Maret 2020 ditunda menjadi September 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper