Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN Jatim Bangun Jaringan Simulasi di SMKN 5 Surabaya

Siswa Teknik Tenaga Listrik perlu mengetahui dan memahami proses pengoperasian jaringan listrik secara praktik dan bukan hanya teori.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, SURABAYA – PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur memfasilitasi jaringan simulasi 20 kv dan gardu distribusi sekaligus perangkat simulasi untuk SMK Negeri 5 Surabaya jurusan Teknik Tenaga Listrik (TTL).

Senior Manager General Affair PLN UID Jatim, A Rasyid Naja mengatakan siswa TTL perlu mengetahui dan memahami proses pengoperasian jaringan listrik secara praktik dan bukan hanya teori.

“Jadi memang lebih baik simulasi itu dilakukan di sekolah, tetapi sesuai dengan SOP yang ada,” katanya dalam rilis, Rabu (5/2/2020).

Untuk itu, lanjutnya, PLN siap memberikan pendampingan dan bimbingan agar visi pembangunan sumber daya manusia dapat optimal guna menyiapkan tenaga kerja yang unggul dan siap pakai.

Kepala SMK Negeri 5 Surabaya, Heru Mursanyoto menambahkan keberadaan jaringan simulasi 20 kv tdan gardu distribusi tersebut merupakan yang pertama kali. Diharapkan ke depan setiap sekolah SMK jurusan TTL memiliki jaringan simulasi agar para siswa dapat mempraktikannya.

“Dengan memiliki jaringan simulasi seperti ini, diharapkan siswa TTL bisa mempraktekkan langsung apa yang telah dipelajari dan siap memasuki dunia industri nantinya,” ujarnya.

Kepala Bidang Pendidikan SMK Provinsi Jawa Timur Suhartono menambahkan, pembangunan jaringan simulasi listrik ini sejalan dengan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang revitalisasi SMK dalam rangka peningkatan kualitas SDM Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper