PLN Jatim Bangun Jaringan Simulasi di SMKN 5 Surabaya

Siswa Teknik Tenaga Listrik perlu mengetahui dan memahami proses pengoperasian jaringan listrik secara praktik dan bukan hanya teori.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 05 Februari 2020  |  19:05 WIB
PLN Jatim Bangun Jaringan Simulasi di SMKN 5 Surabaya
Ilustrasi.

Bisnis.com, SURABAYA – PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur memfasilitasi jaringan simulasi 20 kv dan gardu distribusi sekaligus perangkat simulasi untuk SMK Negeri 5 Surabaya jurusan Teknik Tenaga Listrik (TTL).

Senior Manager General Affair PLN UID Jatim, A Rasyid Naja mengatakan siswa TTL perlu mengetahui dan memahami proses pengoperasian jaringan listrik secara praktik dan bukan hanya teori.

“Jadi memang lebih baik simulasi itu dilakukan di sekolah, tetapi sesuai dengan SOP yang ada,” katanya dalam rilis, Rabu (5/2/2020).

Untuk itu, lanjutnya, PLN siap memberikan pendampingan dan bimbingan agar visi pembangunan sumber daya manusia dapat optimal guna menyiapkan tenaga kerja yang unggul dan siap pakai.

Kepala SMK Negeri 5 Surabaya, Heru Mursanyoto menambahkan keberadaan jaringan simulasi 20 kv tdan gardu distribusi tersebut merupakan yang pertama kali. Diharapkan ke depan setiap sekolah SMK jurusan TTL memiliki jaringan simulasi agar para siswa dapat mempraktikannya.

“Dengan memiliki jaringan simulasi seperti ini, diharapkan siswa TTL bisa mempraktekkan langsung apa yang telah dipelajari dan siap memasuki dunia industri nantinya,” ujarnya.

Kepala Bidang Pendidikan SMK Provinsi Jawa Timur Suhartono menambahkan, pembangunan jaringan simulasi listrik ini sejalan dengan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang revitalisasi SMK dalam rangka peningkatan kualitas SDM Indonesia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
PLN, jawa timur

Editor : Miftahul Ulum
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup