Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

UMM Dukung Pengembangan Wisata Arum Jeram Lewat Boat Race

Kegiatan ini dapat memperkenalkan olahraga arus deras untuk khalayak umum agar lebih dikenal secara luas.
Choirul Anam
Choirul Anam - Bisnis.com 21 Januari 2020  |  20:43 WIB

Bisnis.com, MALANG — Universitas Muhammadiyah Malang dukung pengembangan wisata arum jeram dengan menggelar Boat Race Challenge #4 atau Lomba Perahu Karet antar- SMA sederajat nasional.

Ketua Pelaksana Kegiatan Yusril Khasib Anvasa mengatakan diadakannya kompetisi ini dapat ikut membangun tumbuhnya industri wisata arung jeram. Lewat kegiatan tersebuit diharapkan memacu minat berbagai kelompok masyarakat untuk menikmati arung jeram.

“Sangat disayangkan karena olahraga ini hanya dikenal oleh segelintir orang. Diharapkan dengan kegiatan ini dapat memperkenalkan olahraga arus deras untuk khalayak umum agar lebih dikenal secara luas,” tuturnya di Malang, Selasa (21/1/2020).

Lomba yang digelar Divisi Mahasiswa Pecinta Alam (DIMPA) UMM)akan diadakan di danau Kampus III UMM pada 17-18 April 2020 mendatang itu mengusung tema “Arungi Jiwa Mudamu”, lomba terdiri dari tiga kategori yakni kategori putra, kategori putri serta kategori campuran.

Pada penyelenggaraan Boat Race ketiga 2018, DIMPA UMM hanya mengadakannya di tingkat Malang Raya. Ketika itu event diikuti 32 tim dari unsur Siswa Pecinta Alam (SISPALA), Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) dan Organisasi Pecinta Alam (OPA). Di 2020, ditargetkan bakal diikuti ratusan peserta dari seluruh Indonesia.

Berbagai jenis olahraga petualangan dewasa ini terus mengalami perkembangan dan peningkatan animo di kalangan anak muda. Salah satunya adalah olahraga air dengan menggunakan media perahu karet.

“Hal tersebut didasari oleh rasa kesadaran mengenal kekayaan wilayah perairan sungai yang beraneka dan menjaga lingkungan serta sebagai cara menguji ketangkasan dan adrenalin,” ungkapnya.

Menurut dia, dunia arung jeram di Indonesia sedang mengalami perkembangan. Dibuktikan dengan banyaknya komunitas-komunitas arung jeram maupun divisi-divisi khusus arung jeram pada organisasi dan komunitas pecinta alam. Ditambah lagi dengan dibentuknya Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) yang berpartisipasi membangun dunia arung jeram Indonesia.

Sebelumnya pada bulan Oktober 2019 lalu, danau ini diperuntukkan bagi penyelenggaraan Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN). Ketika itu, UMM secara khusus diamanahi Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi sebagai tuan rumah ajang bergengsi tingkat nasional ini. (K24)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

malang Universitas Muhammadiyah Malang
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top