Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahasiswa UMM Praktik Lapangan Literasi Budaya di Pondok Metal

Mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar event di Pondok Pesantren Metal, Rejoso, Pasuruan, Kamis (9/1/2020) di bidang literasi budaya.
Mahasiswa UMM mendorong literasi anak di berbagai bidang dengan mengirim Mobil Kamis Membaca UMM (Mobil KaCa) di Pondok Metal, Pasuruan./Istimewa
Mahasiswa UMM mendorong literasi anak di berbagai bidang dengan mengirim Mobil Kamis Membaca UMM (Mobil KaCa) di Pondok Metal, Pasuruan./Istimewa

Bisnis.com, MALANG - Mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar event di Pondok Pesantren Metal, Rejoso, Pasuruan, Kamis (9/1/2020) di bidang literasi budaya.

Viki Setyawan, Ketua Kelompok Argya Project, mengatakan kegiatan ini penyelesaian praktikum Event Organizer mata kuliah Keterampilan Berbahasa Produktif dan juga aksi dan kepedulian sosial. Anak-anak atau santri yang berada dalam pondok ini perlu mendapatkan perhatian yang lebih.

“Harapannya ada pihak-pihak luar yang tergugah hatinya untuk berbagi kepada seluruh anak-anak luar biasa ini. Pemilihan rangkaian kegiatan juga diharapkan dapat memberikan alternatif kegiatan yang menyenangkan, yang berbeda dengan kegiatan di pondok pada umumnya,” ucapnya dalam keterangan resminya, Sabtu (11/1/2020).

Dosen pengampu mata kuliah tersebut, Mohamad Isnaini mengapresiasi baik dan atas keberanian mahasiswa praktikum untuk masuk menjadi bagian dari kegiatan pondok tersebut.

Dia mengaku pemilihan pondok ini memang sangat tepat, dikarenakan pondok tersebut yang berbeda dengan pondok pada umumnya.

“Harapannya ideologi-ideologi yang kadang-kadang berbeda, dapat disatukan di sini. Ini merupakan suatu khazanah positif, ketika teman-teman menjalankan kegiatan di sini,” sebut Isnaini.

Selain itu, Ia menjelaskan, keterampilan berbahasa produktif sebenarnya merupakan ekspresi dalam berbahasa Indonesia yang diwujudkan dalam berbagai bentuk. Cakupan linguistik yang cukup luas merupakan implementasi dari bagaimana cara berkomunikasi, negosiasi dan keterampilan berbahasa lainnya, sehingga diwujudkan dalam sebuah pengorganisasian event.

“Fokus kita dalam bagaimana melakukan komunikasi negosiasi kepada beberapa pihak, bagaimana mengemas acara ini dengan berbagai ide kreatif, team work yg kuat dan bagaimana meng-orgenize sebuah acara,” terang Isnaini.

Kegiatan tersebut digelar dilatarbelakangi ketertarikan terhadap ketulusan pesantren yang memuliakan manusia dari beragam latar.

Berbeda dari pesantren pada umumnya, Pondok Metal ini menerima santri yang kurang beruntung, seperti tuna grahita, rehab korban narkoba, anak terlantar, hingga anak yatim. Melalui event berjudul “Sebar Nobar Pondok Metal” (Seneng Bareng Nonton Bareng Pondok Pesantren Metal), kelompok bernama Argya Project ini berbagi kebahagiaan dengan santri Pondok Metal dari usia 1 hingga 12 tahun.

Kegiatan ini dikemas dengan berbagai kegiatan menarik, yaitu edukasi permainan tradisional melalui badut, outbound, membaca buku oleh Mobil Kamis Membaca UMM (Mobil KaCa), belajar Bahasa Inggris, dan nonton bareng.

Melalui Mobil Bioskop Keliling UMM, kegiatan ini menayangkan film “Garuda di Dadaku 2”. Pemilihan film tersebut bertujuan untuk memotivasi anak-anak agar pantang menyerah, bekerjasama tim dalam segala tantangan yang mereka hadapi. (k24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper