Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN Jatim Siap Dukung Jaringan Listrik di Kawasan Industri

PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur menyatakan kesiapannya untuk membangun jaringan listrik di kawasan industri guna mendukung iklim investasi di Jatim.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, SURABAYA - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur menyatakan kesiapannya untuk membangun jaringan listrik di kawasan industri guna mendukung iklim investasi di Jatim.

GM PLN UID Jatim, Bob Saril mengatakan pihaknya telah melakukan diskusi dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM – PTSP) Provinsi Jawa Timur untuk menyinkronkan perencanaan pengembangan kawasan industri di Jatim.

"Dalam FGD dengan DPM PTPS ini kami membahas tindak lanjut hasil inventarisasi permasalahan kawasan industri dalam rangka peningkatan investasi di Jatim," katanya dalam rilis, Selasa (19/11/2019).

Dia mengatakan dalam mendukung pengembangan kawasan industri, PLN sendiri telah menyiapkan berbagai layanan kemudahan seperti diskon dan cicilan, layanan Premium seperti Super Premium dan Super Ultima, hingga penyambungan sementara untuk proses konstruksi dengan Super Power Bank yang disiapkan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan kawasan industri.

"Kami sangat siap dalam mendukung pertumbuhan kawasan industri di Jatim karena kami sudah punya banyak program layanan terutama bagi kalangan industri," imbuhnya.

Berdasarkan data PLN UID Jatim, jumlah pelanggan PLN Jatim terus meningkat setiap tahun. Pada September 2017 terdapat penambahan jumlah pelanggan yang mencapai 469.311 pelanggan, lalu pada September 2018 ada penambahan pelanggan sekitar 456.815 pelanggan.

Sedangkan September tahun ini ada penambahan lagi sekitar 528.684 pelanggan atau mengalami pertumbuhan 4,7% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, sehingga jumlah total pelanggan PLN Jatim sampai saat ini sudah mencapai lebih dari 11,8 juta pelanggan.

Dari 11,8 juta pelanggan tersebut, sebanyak 0,32% atau sekitar 38.005 pelanggan merupakan pelanggan industri.

Peningkatan jumlah pelanggan tersebut juga sejalan dengan peningkatan rasio elektrifikasi selama 3 tahun terakhir ini. Pada September 2017 elektrifikasinya sebesar 90,96%, lalu 2018 menjadi 93,73% dan September 2019 mencapai 99,62%.

Agar listrik dapat dinikmati semua masyarakat Jatim, PLN sendiri tengah gencar membangun PLTS di 8 kepulauan di antaranya Pulau Pagerungan Kecil, Pulau Tonduk, Pulau Paliyat, Pulau Sabuntan, Pulau Saubi, Pulau Goa-Goa, Pulau Sakala, dan Pulau Masakambing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler