Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PTPN X Bangun Pabrik CO2 Tahun Depan

PT Energi Argo Nusantara (Enero), anak usaha PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X berencana menambah produk diversifikasi dengan membangun pabrik CO2 pada 2020 guna memenuhi kebutuhan pasar.
Gas CO2/ilustrasi
Gas CO2/ilustrasi

Bisnis.com, SURABAYA – PT Energi Argo Nusantara (Enero), anak usaha PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X berencana menambah produk diversifikasi dengan membangun pabrik CO2 pada 2020 guna memenuhi kebutuhan pasar.

Direktur Utama PTPN X, Dwi Satriyo Annurogo mengatakan kebutuhan pasar CO2 saat ini sangat tinggi, khususnya untuk kebutuhan industri minuman berkarbonasi.

"Adanya permintaan pasar tersebut membuat kami tergerak untuk segera merealisasikan pabrik CO2 ini pada 2020," katanya Selasa (15/10/2019).

Dia mengatakan selain membangun pabrik CO2, perseroan juga berupaya mengembangkan produk diversifikasi lain untuk meningkatkan kinerja, di antaranya seperti produk fuel grade ethanol menjadi multi grade ethanol.

Etanol yang dihasilkan tersebut adalah etanol grade, industrial grade, dan food grade. 

“Adanya diversifikasi produk ini diharapkan mampu memperluas bisnis Enero karena dapat merambah pasar industri maupun makanan,” imbuh Dwi. 

Dia mengatakan, saat ini Enero juga telah membangun 2 unit boiler baru dengan kapasitas 2x10 ton/jam.

Boiler baru tersebut akan membantu kinerja Enero bahkan pada saat pabrik gula Gemplokrep sudah tidak dalam masa giling, mengingat selama ini kinerja steam Enero masih bergantung kepada PG Gempolkrep pada saat masa giling.

"Penambahan 2 boiler ini nantinya akan meningkatkan kinerja dari Enero, di mana hari operasional akan lebih panjang yaitu mencapai 300-330 hari/tahun," jelasnya.

Diharapkan, keberadaan 2 boiler baru ini dapat meningkatkan kinerja laba persusahaan ke depan. Adapun pada tahun lalu, Enero telah membukukan laba hingga Rp2,4 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler