Bank BJB Kejar Sisa 10% Penyaluran Kredit Melalui BPR di Jatim

Bank BJB Cabang Surabaya hingga akhir tahun ini mengejar sisa target penyaluran kredit melalui Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Jawa Timur.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 04 September 2019  |  13:01 WIB
Bank BJB Kejar Sisa 10% Penyaluran Kredit Melalui BPR di Jatim
Kedua dari kiri- kanan, Direktur Kepatuhan Bank BJB Agus Mulyana, Pemimpin Wilayah V Bank BJB Rudy Purwadi, dan Pemimpin Cabang Surabaya Bank BJB Trisna Setiawan saat memberikan layanan kepada nasabah di Hari Pelanggan Nasional di Surabaya, Rabu (4/9/2019) - Bisnis/Peni Widarti

Bisnis.com, SURABAYA - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB) Cabang Surabaya hingga akhir tahun ini mengejar sisa target penyaluran kredit melalui Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Jawa Timur.

Pemimpin Cabang Surabaya Bank BJB, Trisna Setiawan mengatakan hingga saat perseroan telah menyalurkan kredit linked kepada 37 BPR dengan total penyaluran sekitar Rp296 miliar hingga Agustus lalu.

"Penyaluran kredit melalui BPR ini merupakan salah satu upaya kami untuk ikut mendorong dan membangun ekonomi daerah dari sisi UMKM. Di sisa akhir tahun ini kami akan kejar sisa 10% lagi dari target penyaluran kredit ke BPR," katanya seusai merayakan Hari Pelanggan Nasional, Rabu (4/9/2019).

Dia mengatakan pihaknya memilih penyaluran BPR lantaran dinilai memiliki risiko kredit macet atau NPL yang lebih rendah bahkan saat ini NPL nya 0%, apalagi BPR saat ini telah diawasi OJK.

"Tingkat NPL BPR relatif terjaga karena diawasi OJK, beda dengan dulu makanya dulu kami belum terlalu fokus menggarap BPR ini, tapi kami sudah memulainya sejal 2008," katanya.

Trisna mengatakan secara total hingga Agustus total penyaluran kredit Bank BJB Cabang Surabaya sudah mencapai Rp1,5 triliun atau tumbuh 19% - 20% dibandingkan periode sama tahun lalu. Sebanyak 50% dia antaranya masing-masing dikontribusi oleh kredit konsumer dan produktif.

"Sedangkan capaian dana pihak ketiga (DPK) hingga saat ini sudah mencapai Rp864 miliar, dan capaian aset kita di Surabaya juga tumbuh dari Rp1,9 triliun pada Desember 2018 menjadi Rp2,2 triliun saat ini," jelasnya.

Pemimpin Wilayah V Bank BJB, Rudy Purwadi menambahkan selain menggenjot penyaluran kredit melalui BPR di Jatim, perseroan saat ini juga tengah gencar menyalurkan kredit BPR di wilayah berpotensi lainnya.

"Kami punya komitmen tumbuh kembang di daerah termasuk Jatim dengan 7 KCP dan channel pelayanan yang ada, serta di Jawa Tengah, Sulawesi, Kalimantan dan Bali," imbuhnya.

Direktur Kepatuhan Bank BJB, Agus Mulyana menambahkan, di Hari Pelanggan Nasional ini Bank BJB Cabang Surabaya akan mengenalkan tambahan layanan baru digital berupa QR Transfer On Us kepada nasabah yang datang dan memberikan pelayanan terbaik, seperti menyiapkan cek kesehatan gratis.

"Kami meningkaykan layanan dan juga mengenalkan fitur baru, kami juga introspeksi diri agar bisa melayani dengan lebih baik," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bank bjb, jatim

Editor : Rustam Agus
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup