Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Khofifah Ingin Bangun Asrama Mahasiswa Nusantara

Demi menguatkan rasa kebersamaan dalam keragaman, pembangunan asrama nusantara menjadi wacana yang digulirkan Gubernur Jawa Timur.
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kiri)/Bisnis-Wahyu Darmawan
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kiri)/Bisnis-Wahyu Darmawan

Bisnis.com, SURABAYA - Demi menguatkan rasa kebersamaan dalam keragaman, rencana pembangunan asrama nusantara digulirkan Gubernur Jawa Timur.  

Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan keinginannya membangun asrama nusantara di provinsinya untuk menguatkan rasa Bhinneka Tunggal Ika antaramahasiswa dari berbagai suku dan daerah yang berada di Jatim.

"Sebetulnya kebInekaan kita ini masih lapis luar, belum substantif. Oleh sebab itu, saya berpikir bagaimana kalau mahasiswa disiapkan asrama mahasiswa nusantara dengan meminta keikhlasan mahasiswa Jatim," kata Khofifah kepada wartawan usai menggelar pertemuan dengan Ikatan Keluarga Besar Papua Surabaya (IKBPS) di rumah dinas Kapolda Jatim di Surabaya, Senin (19/8) malam.

Rencana itu, kata Khofifah telah dibahas dengan Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak sekaligus mematangkan berapa plot masing-masing mahasiswa dari berbagai daerah tersebut.

"Ini akan memanggil memori kita semua bagaimana sebenarnya Jong Java, Jong Celebes, Jong Borneo, itu semua kemudian mengikrarkan dirinya, mengikatkan dirinya dengan komitmen bahwa Indonesia tumpah darah kita," ucap Khofifah.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim itu percaya dengan adanya asrama nusantara maka akan muncul kepercayaan antarmahasiswa dari berbagai daerah.

"Maka, yang ada di dalam diri mereka adalah bagaimana menjadi Indonesia dengan beragam suku, beragam bahasa dan adat istiadat yang akhirnya kemudian tepa salira-nya akan muncul. Akan muncul kepercayaan," kata Khofifah.

Hari ini, Selasa (20/8/2019) Ketua Lembaga Masyarakat Adat Provinsi Papua Lenis Kogoya yang juga Staf Khusus Presiden RI dijadwalkan berkunjung ke Jawa Timur dan bertemu Gubernur di Gedung Negara Grahadi.

Lenis bersama Khofifah dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini direncanakan mengunjungi asrama Papua di kawasan Kalasan Surabaya untuk bersilaturahmi dengan pemuda Papua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper