Rombongan Haji Debarkasi Surabaya Tiba di Tanah Air

Jadwal kedatangannya pukul 03.48 WIB, 05.35 WIB, 09.05 WIB, seluruhnya menggunakan Saudi Airlines.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 18 Agustus 2019  |  07:18 WIB
Rombongan Haji Debarkasi Surabaya Tiba di Tanah Air
Dua orang jemaah haji asal Kabupaten Magetan melakukan sujud syukur seusai kembali dengan selamat di Bandara Internasional Juanda, Minggu (18/8/2019) dini hari. Dembarkasi Surabaya menjadi salah satu penerima kedatangan pertama gelombang kepulangan jemaah haji yang dijadwalkan menerima 3 penerbangan. - JIBI

Bisnis.com, SURABAYA — Rombongan haji telah kembali ke Indonesia secara bertahap, debarkasi Surabaya menjadi salah satu rombongan yang pertama kembali ke Indonesia.

Sejumlah 449 orang jemaah haji kelompok terbang (kloter) pertama tiba di Bandara Internasional Juanda Surabaya, pada Minggu (18/8/2019) pukul 03.48 WIB menggunakan pesawat Saudi Airlines dengan nomor penerbangan SV5618.

Rombongan terdiri atas 444 orang jemaah dan 5 orang pendamping tersebut berasal dari Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Kloter 4 embarkasi Cengkareng menjadi jemaah gelombang pertama yang akan mendarat yang dijadwalkan terbang dari bandara King Abdulaziz, Jeddah.

Sejak 17 Agustus 2019, fase pemulangan para jemaah secara bergelombang akan dilakukan setiap hari. Berlanjut pada 18 Agustus masih dengan kloter 4 dengan embarkasi Surabaya.

Sujak (55) salah seorang warga Magetan jemaah haji yang termasuk dalam rombongan mengaku bersyukur dapat menjalankan ibadah dengan lancar dan kembali ke Indonesia.

Dia memberikan apresiasi atas pelayanan yang diberikan oleh pemerintah dan pihak Saudi. "Alhamdulillah, kalau dari makanan, hotel dan semuanya kita cukup. Hanya memang ada beberapa yang sakit," ujarnya kepada Bisnis, Minggu (18/8/2019).

Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) Kab. Magetan Hari Indahwati Irsam menuturkan selama beribadah di Mekkah, kloter yang didampinginya tidak mengalami permasalahan kesehatan yang berat.

Ada beberapa yang sempat lemas dan membutuhkan infus karena faktor usia dan aktivitas ibadah fisik haji yang cukup berat. Namun, dia memastikan tidak ada yang meninggal dalam rombongannya tersebut.

"Ada satu yang tertahan di sana jadi ditinggal, tidak ada yang meninggal Alhamdulillah sehat semua," ujarnya.

Sementara itu, gelombang pertama dembarkasi haji yang mendarat di Bandara Internasional Juanda Surabaya, dijadwalkan ada 3 rombongan. Jadwal kedatangannya pukul 03.48 WIB, 05.35 WIB, 09.05 WIB, seluruhnya menggunakan Saudi Airlines.

Inspektor Kelaikudaraan Otoritas Bandara Wilayah III, Said, menuturkan pesawat yang mendarat dalam keadaan baik."Kondisi pesawat bagus, kedatangan bagus dan on schedule semua," imbuhnya.

Adapun, dua penerbangan lainnya bernomor SV5620 dengan penumpang sebanyak 441 orang dan SV5616 dengan penumpang sebanyak 450 orang.

Pada musim haji 2019, Indonesia memiliki jatah kuota 231.000 jemaah yang diberikan Pemerintah Arab Saudi. Adapun 214.000 di antaranya adalah jamaah haji reguler dan sisanya sebanyak 17.000 merupakan jemaah haji khusus.

Sementara, data Kementerian Agama, total ada 215.377 jemaah haji Indonesia (termasuk petugas haji) yang mendarat di Tanah Suci yang berasal dari 529 kloter.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Ibadah Haji

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup