Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Seleksi CPNS di Mataran Dibuka Oktober

Seleksi CPNS dibuka dengan dua jenis pilihan, yakni seleksi CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) tahap kedua.
Seorang pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS)./Antara
Seorang pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS)./Antara

Bisnis.com, MATARAM — Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Mataram Baiq Nelly Kusumawati mengatakan, proses seleksi calon pengawai negeri sipil tahun 2019, akan dibuka bulan Oktober.

"Seleksi CPNS dibuka dengan dua jenis pilihan, yakni seleksi CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) tahap kedua," katanya kepada sejumlah wartawan di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Rabu (14/8/2019).

Informasi tersebut, lanjutnya, diterima dari Badan Kepegawainan Nasional Kantor Regional (Kanreg) X.

Oleh karenanya bagi masyarakat yang hendak ikut serta dalam rekrutmen CPNS segera mempersiapkan diri, begitu juga untuk P3K yang dihajatkan bagi pegawai non-pegawai negeri sipil (PNS) di lingkup Kota Mataram.

Pasalnya, kata Nelly, berdasarkan evaluasi kegiatan seleksi CPNS dan P3K tahun 2018, beberapa permasalahan yang menjadikan peserta tidak memenuhi syarat administrasi antara lain, "database" kependudukan yang tidak update.

Selain itu, sejumlah ijazah pelamar tidak sesuai kualifikasi pendidikan yang dipersyaratkan, KTP yang diunggah pelamar tidak jelas atau bukan KTP asli serta sejumlah dokumen pendukung yang dilampirkan tidak lengkap.

"Untuk meminimalisir permasalahan itu, sebaiknya calon pelamar bisa mempersiapkan diri agar dapat dinyatakan lulus administrasi dan berhak ikut serta dalam pelaksanaan tes CPNS," katanya.

Menyinggung tentang formasi, Nelly mengatakan, hingga saat ini pemerintah belum memberikan angka riil terhadap formasi CPNS Kota Mataram baik untuk CPNS pelamar umum maupun P3K.

Akan tetapi, pihaknya telah mengusulkan sebanyak 600 formasi dengan ketentuan masing-masing 300 formasi untuk CPNS dan 300 formasi untuk P3K.

"Jumlah usulan formasi yang kita ajukan itu sesuai dengan kebutuhan riil di Mataram, yang didominasi oleh tenaga guru, tenaga kesehatan dan tenaga teknis," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper