Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Maryoto Birowo Dilantik Jadi Bupati Tulungagung

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melantik Bupati Tulungagung sisa masa jabatan 2008-2023, Maryoto Birowo, di Gedung Negara Grahadi di Jalan Gubernur Suryo Surabaya, Selasa (13/8/2019) sore.
Bupati Tulungagung Maryoto Birowo dilantik./Antara
Bupati Tulungagung Maryoto Birowo dilantik./Antara

Bisnis.com, SURABAYA — Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melantik Bupati Tulungagung sisa masa jabatan 2008-2023, Maryoto Birowo, di Gedung Negara Grahadi di Jalan Gubernur Suryo Surabaya, Selasa (13/8/2019) sore.

"Selamat kepada Bupati Tulungagung dan harus terus fokus bekerja demi pelayanan terhadap masyarakat," ujar Gubernur di sela pelantikan.

Proses penggantian Bupati Tulungagung ini merupakan dampak dari kasus skandal korupsi yang menjerat Bupati Syahri Mulyo yang oleh Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) ditetapkan sebagai tersangka saat masa kampanye Pilkada 2018.

Meski menjadi tahanan KPK, pasangan Syahri Mulyo-Maryoto Birowo memenangi kontestasi pilkada setempat, kemudian dilantik di kantor Kemendagri pada Selasa (25/9) oleh Gubernur Jawa Timur saat itu, Soekarwo.

Namun, jabatan kepala daerah langsung dinonaktifkan lantaran yang bersangkutan berstatus sebagai tahanan KPK.

Oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Surabaya, Syahri Mulyo divonis 10 tahun penjara dan denda Rp700 juta, serta hak politiknya dicabut dalam kurun waktu lima tahun.

Gubernur Khofifah meminta bupati yang baru selalu berhati-hati untuk bisa menjaga pengelolaan keuangan dengan transparan dan akuntabel, sebab itu menjadi bagian penting dalam memaksimalkan penggunaan APBD demi pelayanan serta kesejahteraan masyarakat.

"Masih banyak juga PR di Tulungagung. Semisal, pilkades ada yang siap dilantik, tapi ada juga yang masih harus diselesaikan. Kemudian tentang pengisian jabatan, serta menjaga dan meningkatkan program maupun kebijakan pro rakyat," ucap mantan Menteri Sosial tersebut.

Sementara itu, Bupati Maryoto Birowo berkomitmen akan mengoptimalkan segala program dan menindaklanjutinya, lalu meningkatkan personal dan sumber daya manusia untuk digerakkan bekerja menjadi lebih baik.

"Aparatur sipil negara (ASN) atau pekerja di lingkungan Pemkab Tulungagung harus betul-betul meningkatkan kinerjanya demi pelayanan yang baik terhadap masyarakat," katanya.

Selain pelantikan terhadap bupati, di tempat sama juga dilakukan pengambilan sumpah Ketua PKK sekaligus Ketua Dekranasda Tulungagung sisa masa bakti 2018-2023, Siyuk Birowo, oleh Ketua TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Jatim Arumi Bachsin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper