Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PGN Perluas Layanan Gas Bumi ke Pelanggan Komersial

Perusahaan Gas Negara (PGN) memperluas cakupan layanan pemanfaatan gas bumi kepada masyarakat umum dan pelanggan komersial seperti restoran, hotel dan rumah sakit.
Petugas PGN memeriksa instalasi gas di restoran Qen-ndi di Kawasan Taman Pinang, Sidoarjo, Kamis (1/8/2019)./Ist
Petugas PGN memeriksa instalasi gas di restoran Qen-ndi di Kawasan Taman Pinang, Sidoarjo, Kamis (1/8/2019)./Ist

Bisnis.com, SIDOARJO — Perusahaan Gas Negara (PGN) memperluas cakupan layanan pemanfaatan gas bumi kepada masyarakat umum dan pelanggan komersial seperti restoran, hotel dan rumah sakit.

Sales Area Head PGN Sidoarjo Agus Mustofa Hadi mengatakan perseroan berupaya memperluas jangkauan agar seluruh masyarakat bisa menikmati energi baik gas bumi. Saat ini, jumlah pelanggan komersial di Sidoarjo sekitar sembilan perusahaan di kawasan perumahan terpadu Taman Pinang. Mereka tersambung pipa sejak 2018. Sementara sebanyak 10 pelanggan baru mengajukan pemasangan jaringan.

"Tahun ini kami juga akan menyambungkan pipa gas bumi ke cluster UMKM yang ada di daerah Juanda, sekitar 1 kilometer dari ujung pipa jaringan milik PGN di Tambak Sawah. Selain pelanggan komersial, di sana juga ada beberapa pelanggan industri yang akan kita gaet," kata Agus, Kamis (1/8/2019).

Ekspansi tersebut, kata Agus, seusai visi perseroan agar seluruh segmen masyarakat bisa terlayani gas bumi. Selain itu, perluasan layanan bisa membantu pemerintah menekan subsidi elpiji ketika terjadi konversi ke gas bumi.

Sementara di sisi pelaku usaha, penggunaan gas meningkatkan efisiensi usaha. Operasional Manager Qen-ndi Garden Resto & Grill sidoarjo,Yuniarto Setiawan, mengatakan selisih biaya bahan bakar elpiji dengan gas bumi sangat besar, efisiensinya bisa mencapai sekitar 70 persen.

"Kalau dulu, saat menggunakan elpiji, biaya bahan bakar rata-rata mencapai Rp18 juta per bulan. Sekarang biaya itu tinggal Rp3 juta hingga Rp4 juta per bulan. Selain murah, penggunaan gas bumi juga tidak terbuang, beda dengan elpiji," jelasnya dalam keterangan tertulis.

Dia menggambarkan bila resto membeli elpiji 50 kilogram maka yang termanfaatkan 85 persen hingga 90 persen. Sisanya terbuang karena membeku. Saat ini harga elpiji 50 kg saat ini mencapai Rp600.000. Alhasil efisiensi dari migrasi bahan bakar bisa mencapai Rp 12 juta per bulan atau sekitar Rp 144 juta per tahun.

PGN Perluas Layanan Gas Bumi ke Pelanggan Komersial

Customer Management Area Sidoarjo Nurdiansa Regnanto ( baju biru) bersama Operasional Manager Qen-ndi Garden Resto & Grill kota Sidoarjo, Yuniarto berbincang di sela-sela pemeriksaan instalasi gas di restoran Qen-ndi di kawasan Taman Pinang, Sidoarjo, Kamis (1/8/2019)./Ist

Pada kesempatan yang berbeda, Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jatim Setiajit mengatakan Jatim terus mendorong pemanfaatan gas bumi untuk masyarakat luas. Bahkan, gas bumi diusulkan bisa menjangkau sembilan kota, yakni Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Mojokerto, Probolinggo, Madiun, Jombang, Blitar dan Malang.

"Yang sudah dibangun masih di empat kota, sisanya kami terus mendorong agar mendapatkan alokasi dari pusat. Apalagi produksi gas di Jatim ini kan cukup besar. Yang eksisting sekarang di Bojonegoro mencapai 100 mmscfd, nanti ada penambahan lagi dari Sedayu Gresik sekitar 180 mmscfd," tegasnya.

Dengan tersedianya pasokan gas bumi, ia berharap semakin banyak masyarakat, baik dari kalangan industri, komersial dan rumah tangga yang bisa menikmati pemanfaatan gas bumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Ulum
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper