Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Seleksi Bersama Masuk PTN, Peminat Universitas Brawijaya 55.871 Orang

Peminat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Universitas Brawijaya (UB) mencapai 55.871 orang atau menempati posisi pertama di Indonesia.
Suasana UTBK 2019 di Universitas Brawijaya./Istimewa
Suasana UTBK 2019 di Universitas Brawijaya./Istimewa

Bisnis.com, MALANG — Peminat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Universitas Brawijaya (UB) mencapai 55.871 orang atau menempati posisi pertama di Indonesia.

Jumlah tersebut dengan perincian masing-masing untuk program studi Saintek ada 33.987 pendaftar sedangkan untuk soshum ada 21.884 pendaftar.

Wakil Rektor I UB Prof. Aulanni'am mengatakan bahwa untuk tahun ini UB juga menempati posisi pertama pendaftar terbanyak jalur SNMPTN.

"Pendaftar SBMPTN UB terbanyak di Indonesia sama seperti SNMPTN. Siswa dari seluruh Indonesia selain sudah kenal dengan UB. Jumlah fakultas di UB juga banyak. Selain itu, suasana dan lingkungan kota Malang khususnya di UB juga mendukung untuk semua kalangan ekonomi," katanya di Malang, Kamis (27/6/2919).

Dia juga menjelaskan SBMPTN tahun ini nilai yang diambil murni dari Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

"Berbeda dengan universitas lain yang mungkin menyediakan kriteria lain untuk daftar SBMPTN, di UB nilai 100% diambil dari UTBK dan tidak ada kriteria lain seperti portofolio prestasi," katanya.

Pada SBMPTN tahun ini, untuk prodi Saintek daya tampung yang ditetapkan sebanyak 3.627 orang dengan dengan pendaftar yang menempatkan UB pada pilihan pertama sebanyak sebanyak 18.423 orang dan pilihan kedua sebanyak 15.564 orang.

Sementara untuk Soshum daya tampung sebanyak 1.988 orang dengan pendaftar yang menempatkan UB pada pilihan pertama sebanyak 12.580 orang dan pilihan kedua sebanyak 9.304 orang.

Sedangkan untuk prodi paling diminati SBMPTN adalah Ilmu hukum (2.584), Agroteknologi (2.202), Peternakan (1.734), Ilmu Administrasi Bisnis (1.598), dan Pendidikan Dokter (1.468).

Sementara itu, untuk jalur Mandiri UB menetapkan kuota 30% dari jumlah total mahasiswa baru yang diterima. Untuk lebih meningkatkan kualitas, selain tes tulis, tahun ini UB memberikan kriteria lain berupa portofolio prestasi bagi pendaftar jalur mandiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper