Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyaluran Gasoline di Jatim Naik 37% Saat Puncak Arus Mudik

PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region V mencatat penyaluran bahan bakar minyak sepanjang arus mudik di Jawa Timur meningkat hingga 37% dibandingkan dengan hari biasa menjadi 17.640 kiloliter per hari.
Petugas melayani pembelian produk gasoline non subsidi Pertalite di SPBU Surabaya, Jawa Timur./Antara
Petugas melayani pembelian produk gasoline non subsidi Pertalite di SPBU Surabaya, Jawa Timur./Antara

Bisnis.com, MALANG—PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region V mencatat penyaluran bahan bakar minyak sepanjang arus mudik di Jawa Timur meningkat hingga 37% dibandingkan dengan hari biasa menjadi 17.640 kiloliter per hari.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR V Rustam Aji mengatakan bahwa berdasarkan evaluasi Tim Satgas Rafi (Ramadan dan Idulfitri) 2019, peningkatan penyaluran tertinggi terjadi pada Sabtu (1/6) atau H-4. Penyaluran gasoline pada hari tersebut meningkat 37% hingga 17.640 kiloliter per hari dari kondisi normal 12.900 kiloliter per hari.

“Peningkatan penyaluran gasoline cukup tinggi juga terjadi pada H-6, Kamis (30/6), menjadi sebesar 17.000 KL atau meningkat 32%,” katanya dalam keterangan resminya, Kamis (6/6/2019).

Tingginya jumlah pemudik yang menggunakan jalur darat berbanding lurus dengan meningkatnya permintaan bahan bakar minyak terutama di wilayah mudik. Namun, kata dia, hal ini sudah diantisipasi oleh Pertamina dengan melakukan penambahan titik-titik layanan BBM.

Sebelumnya, Pertamina memprediksi terjadi kenaikan konsumsi di Jatim sebesar 12% untuk produk gasoline selama masa Satgas, dan mengantisipasi peningkatan konsumsi gasoline pada puncak arus mudik hingga 41%.

Terkait arus balik, Rustam menegaskan, Pertamina melakukan persiapan untuk mengantisipasi arus wisata dan arus balik. Beberapa hal yang dilakukan adalah melakukan build up stock SPBU khususnya SPBU Toll Jalur B (Surabaya arah ke Ngawi) serta SPBU di daerah wisata.

Pertamina juga memberikan fasilitas kredit kepada SPBU dengan term of payment sampai dengan 3 hari. Sementara untuk menghindari kemacetan lalu lintas, Pertamina mengoptimalkan penyaluran dari Terminal BBM ke SPBU lebih awal, mulai jam 00.00.

Pertamina juga tetap menyiagakan mobil tangki di 16 (enam belas) SPBU kantong di Jombang, Probolinggo, Lumajang, Malang, Batu, Ngawi, Pacitan, Nganjuk, dan Jember.

Pertamina, ujar dia, memprediksi puncak arus balik terjadi pada hari Sabtu-Minggu (8-9/6/2019) dan puncak berikutnya di 15-16 Juni 2019.

“Kami mengimbau kepada para wisatawan dan masyarakat yang akan melakukan perjalanan balik, untuk mengisi penuh BBM di lokasi awal, untuk menghindari kepadatan pengisian BBM di rest area,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper