Malang Diharapkan Jadi Penggerak Ekonomi Jatim Bagian Selatan

Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Emil Elestianto Dardak mengatakan Malang memiliki berbagai potensi, termasuk wisata, ekonomi kreatif, dan pendidikan.
Choirul Anam
Choirul Anam - Bisnis.com 19 Mei 2019  |  00:51 WIB
Malang Diharapkan Jadi Penggerak Ekonomi Jatim Bagian Selatan
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak (tiga dari kiri) dan Wali Kota Malang Sutiaji (dua dari kiri) pada pada pembukaan Festival Ramadan Jawa Timur di Taman Krida Budaya, Malang, Jawa Timur, Sabtu (18/5/2019). - Istimewa

Bisnis.com, MALANG — Beroperasinya tol Pandaan-Malang diharapkan mampu mendukung Malang sebagai penggerak ekonomi Jawa Timur bagian Selatan.

Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Emil Elestianto Dardak mengatakan Malang akan dijadikan motor penggerak ekonomi di kawasan Jatim selatan karena memiliki berbagai potensi, termasuk wisata, ekonomi kreatif, hingga pendidikan.

“Dengan diresmikannya jalan Tol Malang-Pandaan, maka infrastruktur jalan dari Surabaya ke Malang tidak menjadi hambatan bagi upaya pengembangan ekonomi di wilayah tersebut,” ujarnya pada pembukaan Festival Ramadan Jawa Timur di Taman Krida Budaya, Malang, Sabtu (18/5/2019).

Oleh karena itu, upaya menjadikan Surabaya dan Malang sebagai koridor Industri 4.0 secara nasional diyakini bisa terealisasi dengan baik.

Menurutnya, pembangunan ekonomi di wilayah selatan dapat dimulai dari daerah Malang Raya, yang mencakup Kota Malang, Kota Batu, dan Kabupaten Malang.

Mantan Bupati Trenggalek itu menuturkan saat ini, jalur lingkar selatan yang menghubungkan Kabupaten Malang dengan Blitar juga sudah beroperasi. Dengan demikian, ke depannya, Malang Raya dan DI Yogyakarta bisa menjadi satu koridor pembangunan ekonomi.

Wali Kota Malang Sutiaji menyambut baik rencana pemerintah Provinsi Jatim dan pemerintah pusat untuk membangun ekonomi di kawasan selatan.

“Pemerintah Kota Malang memang sedang fokus mengembangkan potensi ekonomi  wisata. Beberapa program kami sudah mengarah kepada pengembangan tersebut,” ucapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
malang

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top