RPH Kota Malang Gandeng Kampus Kembangkan Usaha

Perumda Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Malang akan menggandeng perguruan tinggi (PT) untuk mengembangkan usaha perusahaan milik Pemkot setempat itu.
Choirul Anam | 17 April 2019 20:38 WIB
Rumah potong hewan. - Antara

Bisnis.com, MALANG — Perumda Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Malang akan menggandeng perguruan tinggi (PT) untuk mengembangkan usaha perusahaan milik Pemkot setempat itu.

Plt Dirut RPH Kota Malang Ade Herawanto mengatakan langkah-langkah revitalisasi RPH atau nantinya bertransformasi menjadi Perumda Aneka Usaha ini akan mampu meningkatkan pelayanan prima bagi masyarakat, meningkatkan kesejahteraan karyawan serta berkontribusi dalam meningkatkan PAD Kota Malang.

“Langkah-langkah komprehensif yang akan dilakukan a.l menjalin MoU lintas instansi termasuk berbagai perguruan tinggi di Kota Malang, usaha penggemukan ternak, proyeksi usaha potong unggas hingga produksi daging olahan untuk kebutuhan ekspor,” katanya di Malang, Rabu (17/4/2019).

Wali Kota Malang, Sutiaji mengapresiasi langkah-langkah tersebut. Dia mencontohkan dengan produk bakso khas Malang yang potensial dan memang sudah terkenal secara nasional.

“Bakso Malang kan sudah terkenal dan banyak yang suka. Jadi bisa inovasi lagi kemudian dipasarkan oleh PD RPH,” ucapnya.

Begitu juga bentuk olahan daging lainnya, seperti sosis atau makanan kemasan. Sehingga perlu diatur strategi dan teknis teknis pemasarannya.

Dia juga menegaskan, gagasan-gagasan supaya PD RPH bisa semakin meningkatkan pendapatan juga dapat dikaitkan dengan brand mark Kota Malang sebagai destinasi wisata halal.

"Kota Malang akan menjadi destinasi wisata halal di Indonesia. Sangat memungkinkan PD RPH mensuplai kebutuhan daging seluruh hotel di Kota Malang. Juga restoran-restoran dan rumah makan yang ada," ucapnya.

Untuk itu, di hadapan para jagal dan stakeholder RPH, Selasa (16/4/2019), Sutiaji mengimbau supaya kualitas daging dari RPH harus selalu terjaga.

Jika inovasi RPH bagus dan semangat bekerjanya luar biasa, maka otomatis berdampak positif pada kinerjanya. Dengan begitu pula pendapatan akan meningkat dan kesejahteraan karyawan akan meningkat pula.

Jika RPH sudah bertransformasi menjadi Perumda Aneka Usaha, maka kegiatan usahanya tidak melulu mengurusi bisnis potong hewan, namun juga akan dikembangkan menjadi perseroan yang menangani aneka usaha dengan harapan menjadi primadona sekaligus tulang punggung peningkatan pendapatan asli daerah.

Perumda Aneka Usaha bisa menangani bisnis perhotelan, pariwisata hingga pusat perbelanjaan. Ke depan beberapa mal di Kota Malang yang dibangun pemda juga diproyeksi dikelola oleh Perumda Aneka Usaha.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
malang, rumah potong

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top