Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LOKET Gali Potensi Pasar Event di Malang

LOKET, perusahaan penyedia sistem teknologi event dan hiburan di Indonesia, mendorong pertumbuhan industri kreatif di Malang dengan mengajak event creator memanfaatkan platform Loket.com.
VP Consumer Solution LOKET Rama Adrian (dua dari kanan) dan Marketing Manager Loket.com Jojo Trijoko (dua dari kiri) di Malang, Rabu (20/3/2019)./Bisnis-Choirul Anam
VP Consumer Solution LOKET Rama Adrian (dua dari kanan) dan Marketing Manager Loket.com Jojo Trijoko (dua dari kiri) di Malang, Rabu (20/3/2019)./Bisnis-Choirul Anam

Bisnis.com, MALANG—LOKET, perusahaan penyedia sistem teknologi event dan hiburan di Indonesia, mendorong pertumbuhan industri kreatif di Malang dengan mengajak event creator memanfaatkan platform Loket.com.

VP Consumer Solution LOKET Rama Adrian mengatakan dengan kinerja event creator yang baik maka akan mampu mendukung industri kreatif di Malang, sesuai dengan program dari Pemkot setempat yang tengah mengembangkan industri kreatif, khususnya berbasis teknologi.

“Ke depan industri kreatif diharapkan dapat menjadi tulang punggung ekonomi Kota Malang,” katanya di Malang, Rabu (20/3/2019).

Sejak diluncurkan Mei 2018 lalu, kata dia, platform Loket.com telah berhasil menumbuhkan lebih dari 4.000 event creator baru dengan penyelenggaraan lebih dari 5.000 event di seluruh Indonesia.

Karena itulah, LOKET merasa perlu melebarkan peranan teknologinya agar lebih banyak event creator di daerah dapat berkontribusi secara signifikan dalam meningkatkan pertumbuhan industri kreatif dan juga menunjukkan pertumbuhan positif sebagai kota pariwisata.

Menurut dia, Kota Malang merupakan salah satu kota yang menunjukkan pertumbuhan event yang sangat positif dan tertinggi di Indonesia.

“Dari data internal kami menunjukkan bahwa sejak Loket.com diluncurkan pada pertengahan tahun lalu, pertumbuhan event di Malang yang bekerja sama dengan Loket.com menunjukkan kenaikan secara signifikan hingga 550% dengan kategori event terbanyak didominiasi oleh workshop lebih dari 56%, festival lebih dari 11%, dan conference hampir 7%,” ujarnya. Pertumbuhan event tertinggi terjadi di Desember, Juli, dan Oktober.

Hal itu menunjukkan, tidak hanya semakin banyak komunitas dan individu kreatif baru yang tumbuh, namun adanya gelaran tersebut juga secara langsung turut berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Kota Malang.

“Penyelenggaraan event merupakan salah satu pilar dalam industri kreatif yang memiliki potensi sebagai lokomotif pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional,” ujarnya.

Marketing Manager Loket.com Jojo Trijoko menjelaskan, konsep self service yang diterapkan platform Loket.com merupakan konsep hasil inovasi LOKET yang ditumjukan untuk membantu event creator dalam mengelola event secara mandiri, namun memiliki keterbatasan waktu untuk mengelola event seperti promosi dan penjualan tiket.

Fitur-fitur self service dirancang untuk memberikan pengalaman event mandiri. Seluruh proses, baik bagi pengelola maupun pengunjung dibuat secara sistematis mulai dari pendaftaran event, pilihan sistem pembayaran yhang beragam, hingga sistem registrasi dan check-in pengunjung berbasis online, bahkan analisa data akurat untuk mengoptimalisasi gelaran event berikutnya.

Event-event pengguna bisa dipromosikan ke jutaan calon pembeli melalui lebih dari rekan afiliasi Loket Distribition Partner, salah satunya GO-TIX yang kini dikelola LOKET.

Loket.com juga dilengkapi dengan fitur pembayaran yang terintegrasi oleh parner pembayaran dari bank nasional dan internasional termasuk sistem e-payment GO-PAY. Proses pembayaran tiket hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper