Long Weekend, Tingkat Keterisian KA dari Surabaya Tembus 100%

Menjelang libur Hari Raya Nyepi dan akhir pekan ini, tingkat load factor angkutan kereta api dari Surabaya ke berbagai tujuan tembus 100%.
Peni Widarti | 06 Maret 2019 21:29 WIB
Calon penumpang antre masuk kereta api Kartajaya tujuan Stasiun Pasar Turi, Surabaya - JIBI/Endang Muchtar

Bisnis.com, SURABAYA - Menjelang libur Hari Raya Nyepi dan akhir pekan ini, tingkat load factor angkutan kereta api dari Surabaya ke berbagai tujuan tembus 100%.


Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya, Suprapto mengatakan tujuan kereta api yang tingkat keterisian gerbongnya mencapai 100% tersebut kebanyakan adalah Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Banyuwangi.


"Kondisi ini bisa terlihat dari beberapa perjalanan KA di Stasiun Gubeng menuju Bandung seperti KA Turangga (KA 49) yang membawa 7 gerbong kereta eksekutif dengan total tempat duduk 350 tempat duduk, dan semuanya terisi penuh," katanya dalam rilis, Rabu (6/3/2019).


Selain itu, lanjutnya, loadfactor penuh juga terjadi di KA dari Surabaya menuju Jakarta seperti KA Argo Anggrek (KA 3), KA Bangunkarta (KA 55), KA Kertajaya (KA 177), KA Gumarang (KA 77), dan KA Sembrani (KA 47).


"Untuk tujuan Banyuwangi seperti KA Mutiara Timur Malam ( KA 89) dengan membawa 4 gerbong kereta kelas eksekutif dan 3 gerbong kereta kelas bisnis, dengan total kapasitas tempat duduk 392 tempat duduk pun terisi penuh," jelasnya.


Suprapto menambahkan untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang pada saat pasca liburan Hari Raya Nyepi, KAI Daop 8 menambah 1 gerbong kereta kelas eksekutif pada KA Turangga (Surabaya Gubeng - Bandung) dan KA Sancaka (Surabaya Gubeng - Yogyakarta) pada 8 dan 10 Maret 2019.


"Kami juga antisipasi untuk arus baliknya pada 11 Maret 2018 dengan menambah 1 perjalanan kereta api tambahan untuk KA Sancaka tambahan (KA 7023) relasi Surabaya Gubeng - Yogyakarta," katanya.


Adapun rangkaian 7 gerbong kereta kelas bisnis KA Sancaka itu terdapat kapasitas tempat duduk mencapai 448 tempat duduk. Berangkat dari Stasiun Surabaya Gubeng jam 09:40 WIB, dan tiba di Stasiun Yogyakarta jam 14:43 WIB, dengan tarif Rp170.000.


"Untuk kereta arus balik ini loadfactornya masih 70%-80%," imbuhnya.

Tag : kereta api, surabaya
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top