Pelantikan Khofifah, Kesan Arumi Bachsin & Pesan Iriana Jokowi

Presiden memerintahkan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistianto Dardak bekerja cepat.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 14 Februari 2019  |  04:08 WIB
Pelantikan Khofifah, Kesan Arumi Bachsin & Pesan Iriana Jokowi
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (tengah) berfoto bersama Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak (dua kiri) dan istri Arumi Bacshin (kiri) dan mantan Gubernur Jawa Timur Soekarwo (kedua kanan) dan istri usai usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/2/2019). Presiden melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak untuk periode 2019-2024 dan Gubernur Jambi Fachrori Umar untuk masa jabatan hingga 2021. - Antara/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden memerintahkan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistianto Dardak bekerja cepat.

"Ya secepatnya, secepat-cepatnya langsung tancap gas bekerja untuk masyarakat di provinsi Jawa Timur, untuk Ibu Khofifah Indar Parawansa dan juga untuk Pak Emil Dardak. Semuanya, pesen saya tadi hanya satu, cepat, gas, bekerja," kata Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Khofifah dan Emil pada hari ini dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara menggantikan pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf yang sudah memerintah selama dua periode.

Khofifah seusai dilantik mengatakan ingin menyatukan layanan pengaduan masyarakat.

"Kita berharap layanan dapat disatukan menjadi cetar, cepat tanggap dan responsif apakah terkait dengan PIRT (Produksi Industri Rumah Tangga), sertifikasi lahan, layanan kesehatan," ungkap Khofifah.

Selanjutnya dari 21.700 pegawai tidak tetap di sektor pendidikan, ditargetkan dapat diangkat seluruhnya berdasarkan APBD 2019.

"Ini sebagai hasil koordinasi yang baik antara saya dengan Pak Emil dan Pakde Karwo, kita sisir janji kampanye semua dan kita 'break down' dalam RAPBD," tutur Khofifah.

Namun, sasaran utama Khofifah adalah percepatan penurunan tingkat kemiskinan Jatim khususnya di pedesaan.

Tak Perlu Dijaga

Sementara di sisi lain, Arumi Bachsin yang merupakan istri dari Wakil Gubernur Jawa Timur 2019-2024 Emil Elistianto Dardak mengaku "ndredeg" (berdebar) karena dilantik sebagai Ketua Dewan Kerajinan Daerah Jawa Timur (Dekranasda Jatim).

"Perasaannya jadi ibu wakil gubernur bangga, bersyukur luar biasa, senang, tapi di satu sisi 'ndredeg' banget karena ketika Mas Emil dilantik, saya barusan saja dilantik jadi Ibu Ketua Dekranasda," kata Arumi di lingkungan istana kepresidenan Jakarta, Rabu.

Istri Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak, Arumi Bachsin mengaku diberi pesan Ibu Negara Iriana Joko Widodo untuk menjaga baik-baik suaminya.

"Pesan (Ibu Negara) dijaga bapak Emilnya, katanya gitu karena begini loh, mungkin kalau misalnya, Ibu Negara kan perempuan juga. Mas Emil kan muda, ganteng, dengan prestasi luar biasa, jadi harus dipepet terus," kata Arumi, Rabu sore.

Presiden Joko Widodo melantik Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistianto Dardak sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2019-2024, Rabu.

Arumi selanjutnya dilantik sebagai Ketua Dewan Kerajinan Daerah Jawa Timur (Dekranasda Jatim) oleh Ketua Dekranas Ibu Mufidah Jusuf Kalla.

Arumi juga sempat bercanda kalau dirinya tidak perlu dijaga.

"Ha ha ha, saya mau ke mana lho mas. Saya sudah emak-emak begini juga tapi kalau yang ini harus dijagain," kata Arumi sambil menunjuk suaminya yang berdiri di sampingnya.

Sedangkan Emil yang juga mantan Bupati Trenggalek, mengaku bahwa peran istrinya dalam pemerintahan saat ini pun semakin besar.

"Sebenarnya sebelum ini juga sudah bertugas sebagai bupati. Jadi sebagai bupati, peran istri juga sangat besar. Mbak Arumi juga tadinya Ketua PKK terus Ketua Dekranasda, sekarang tapi di Jatim karena bu Khofifah seorang perempuan, Mbak Arumi yang memegang peran itu. Jadi, rasanya akan mirip gitu. Bedanya lingkup akan sangat besar dan kita ingin lebih banyak lagi inovasi karena sumber daya dan peluang yang bisa kita dorong lebih besar lagi untuk Jawa Timur," tutur Emil.

Arumi juga bertekad untuk untuk mengangkan kearifan lokal dalam Dekranasda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
khofifah

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup