AHM Buka Peluang Kerja bagi 30 SMK Jawa Timur

PT Astra Honda Motor (AHM) membuka peluang kerja bagi lulusan 30 SMK jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) di Jawa Timur melalui kerja sama program vokasi industri yang dicanangkan pemerintah.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 07 Februari 2019  |  19:17 WIB
AHM Buka Peluang Kerja bagi 30 SMK Jawa Timur
GM Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin (kiri) secara simbolis melakukan penyerahan bantuan 31 unit motor dan 31 unit special tools kepada perwakilan SMK 1 Islam Blitar melalui kerja sama vokasi industri dengan 30 SMK di Jatim, Kamis 7 Februari 2019. - Bisnis/Peni Widarti

Bisnis.com,  SURABAYA - PT Astra Honda Motor (AHM) membuka peluang kerja bagi lulusan 30 SMK jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) di Jawa Timur melalui kerja sama program vokasi industri yang dicanangkan pemerintah.

Ahmad Muhibbuddin, GM Corporate Communication AHM, mengatakan melalui kerja sama tersebut, SMK yang menjadi mitra AHM tersebut akan mendapatkan bantuan sarana praktik berupa 31 unit sepeda motor dan 31 special tools.

"Dukungan pemerintah untuk pengembangan vokasi industri sangat dinanti oleh SMK-SMK mitra binaan kami. Kami berharap program ini dapat mengakselerasi peningkatan kualitas SDM dan lulusan SMK di Indonesia," katanya seusai menandatangani perjanjian kerja sama vokasi industri, Kamis (7/2/2019).

Dia mengungkapkan di Jawa Timur hingga saat ini terdapat 93 SMK binaan AHM yang dibimbing dan disupervisi langsung oleh distributor motor Honda di Jatim dan NTT yakni PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM).

"Sebanyak 93 SMK tersebut sudah mengimplementasikan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda," imbuhnya.

Adapun pada 2018, tercatat ada 300 lulusan SMK TBSM Astra Honda Motor di Jatim yang telah berhasil bekerja di bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS). Jumlah tenaga kerja tersebut diperkirakan bakal meningkat seiring dengan kebutuhan tenaga untuk perluasan jaringan Honda.

"Mereka yang lulusan SMK TBSM tidak hanya bekerja di AHASS, tapi ada juga yang mampu membuka bengkel sendiri sehingga bisa membuka lapangan kerja bagi orang lain di sekitarnya," imbuh Muhib.

ProgrM TBSM Astra Honda sendiri sudah aktif sejak 2007 sehingga melahirkan alumni SMK yang terampil. Pengembangan vokasi oleh MPM tersebut pun dilakukan dengan meningkatkan kompetensi siswa maupun guru melalui pelatihan teknik berjenjang, dan berdasarkN perkembangan teknologi sepeda motor.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
astra honda motor

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup