Luncurkan 2 Model Baru, Toyota Jatim Kejar Pangsa MPV 30%

PT Toyota Astra Motor (TAM), agen pemegang merek mobil Toyota tahun ini ingin mengejar pangsa pasar multi purpose vehicle (MPV) di Jawa Timur mencapai 30% seiring dengan diluncurkannya dua model baru Toyota New Avanza dan New Veloz.
Peni Widarti | 16 Januari 2019 20:11 WIB
Model berpose saat peluncuran New Avanza dan New Veloz di Jakarta, Selasa (15/1/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, SURABAYA - PT Toyota Astra Motor (TAM), agen pemegang merek mobil Toyota tahun ini ingin mengejar pangsa pasar multi purpose vehicle (MPV) di Jawa Timur mencapai 30% seiring dengan diluncurkannya dua model baru Toyota New Avanza dan New Veloz.

Operation Manager Jawa Timur Auto2000 Hendra Purnawan mengatakan tahun ini Toyota tetap optimistis mampu menggaet pasar MPV Jatim.

Pasalnya pertumbuhan ekonomi Jatim yang lebih tinggi dari nasional cukup menunjang daya beli masyarakat terhadap barang otomotif.

"Pendapatan masyarakatnya meningkat karena ada kenaikan upah, sehingga kami pun ingin mengejar segmen pasar baru atau first buyer, meski tidak dipungkiri pelanggan setia Toyota juga masih menjadi pasar yang penting," katanya saat peluncuran Toyota New Avanza dan New Veloz, Rabu (16/1/2019).

Selain itu, lanjutnya, MPV Toyota dulu juga pernah meraih pangsa pasar hingga 40%. Pada tahu lalu saja, market share Toyota Avanza di Jatim mampu tumbuh sekitar 10% atau 3.300 - 3.500 unit per tahun. Sedangkan tahun ini diharapkan bisa tumbuh menjadi 3.800 - 4.000 unit.

Dia mengatakan selama 2004 - 2018, jumlah pelanggan setia Toyota Avanza di Jatim mencapai 1,7 juta unit. Dari jumlah tersebut, sebagian besar merupakan pelanggan eksisting.

"Untuk itu, kami yakin produk baru yang merupakan penyegaran dari model terdahulunya ini akan bisa diterima oleh pasar pelanggan setia, bahkan pasar baru yang akan kami garap," katanya.

Area General Manager 3 TAM, Diky Zulkarnaen menambahkan, selama ini segmen MPV telah berkontribusi besar dalam penjualan kendaraan Toyota secara total yakni sekitar 48%.

"Untuk memperkuat pasar MPV ini, kami tidak hanya luncurkan model baru, tapi juga menyiapkan jaringan diler yang jumlahnya sekarang ada 326 diler yang tersebar di Indonesia," imbuhnya.

Tag : jatim, toyota astra motor
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top