Trafik Data XL di Kawasan Wisata Indonesia Timur Naik 165% pada Akhir 2018

Operator selular PT XL Axiata Tbk mencatatkan peningkatan trafik layanan data internet hingga 165% selama momen Natal dan Tahun Baru di kawasan timur Indonesia, terutama daerah berbasis pariwisata.
Peni Widarti | 03 Januari 2019 16:28 WIB
Teknisi PT XL Axiata Tbk melakukan perawatan jaringan di menara Base Transceiver Station (BTS) di Yogyakarta, Sabtu (15/12/2018). - JIBI/Rachman

Bisnis.com, SURABAYA – Operator selular PT XL Axiata Tbk mencatatkan peningkatan trafik layanan data internet hingga 165% selama momen Natal dan Tahun Baru di kawasan timur Indonesia, terutama daerah berbasis pariwisata.

Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya mengatakan lonjakan trafik data di wilayah Indonesia Timur yang tembus 165% berada di Labuan Bajo. Setelah itu, disusul Bali dengan kenaikan sebesar 87%, dan Lombok 80%.

“Daerah wisata lainnya yang meningkat selama liburan akhir tahun, pada 23 Desember 2018-2 Januari 2019, adalah Danau Toba sebesar 310% dan Pangandaran 91% dibandingkan trafik layanan data pada hari normal,” jelasnya dalam keterangan resmi, Kamis (3/1/2019).

Khusus saat momen Natal, lonjakan trafik terjadi di daerah yang berbasis penduduk beragama Nasrani, di antaranya Medan yang naik 35%, Manado 55%, dan Kupang 37%.

“Pada malam Natal, selain instant messaging, layanan lainnya yang mengalami kenaikan penggunaan secara signifikan dibandingkan hari-hari biasa adalah gaming naik 122% dan Social Networking Service (SNS) naik 125% karena banyak digunakan untuk mengucapkan Natal,” tutur Yessie.

Lonjakan trafik data tersebut terjadi karena ada antusiasme masyarakat dalam merayakan libur panjang dengan bepergian ke luar kota/pulau. Hal ini sejalan dengan kondisi layanan trafik data yang terjadi di Jakarta yang mengalami penurunan.

“Sebelumnya kami telah mengantisipasi lonjakan dan perpindahan trafik data ini dengan meningkatkan kapasitas jaringan pada 1.500 site yang mencakup wilayah yang biasanya mengalami kenaikan,” jelasnya.

Site-site tersebut antara lain berada di jalur utama transportasi darat menuju kota-kota tujuan liburan, juga di sekitar lokasi-lokasi wisata. XL juga menyiagakan sejumlah Mobile BTS di berbagai lokasi yang tersebar di Sumatra, Jakarta, Bandung, serta di jalur tol Trans Jawa.

Perseroan mengklaim jumlah pelanggannya sudah mencapai sekitar 53,9 juta, di mana 80% di antaranya adalah pelanggan data.
 

Tag : xl axiata, trafik data
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top