Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara Juanda Operasional 24 Jam pada Natal & Tahun Baru

Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, akan beroperasi 24 jam selama pelaksanaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 supaya seluruh calon penumpang bisa terangkut ke tempat tujuan.
Bandara Juanda./Antara
Bandara Juanda./Antara

Bisnis.com, SIDOARJO – Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, akan beroperasi 24 jam selama pelaksanaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 supaya seluruh calon penumpang bisa terangkut ke tempat tujuan.

General Manager PT Angkasa Pura I Juanda Surabaya Heru Prasetyo, di Sidoarjo, Kamis (20/12/2018) mengatakan, pelaksanaan pengoperasian Bandara Internasional Juanda selama 24 jam ini berlangsung sejak dari tanggal 20 Desember 2018 sampai dengan 6 Januari 2019.

"Seluruh pelaksanaan perbaikan bandara yang biasanya dikerjakan pada malam hari, selama pelaksanaan libur Natal dan Tahun Baru 2019 ini untuk sementara waktu kami liburkan terlebih dahulu," katanya di sela peresmian posko Natal dan Tahun Baru 2019 di Terminal 2 Bandara Internasional Juanda Surabaya.

Ia mengemukakan, pihaknya memperkirakan pada periode Natal dan Tahun Baru kali ini akan ada pertumbuhan pergerakan baik penumpang maupun pesawat.

"Dibandingkan dengan masa Natal dan tahun baru sebelumnya, kami prediksi tahun ini pergerakan pesawat tumbuh tujuh persen dan penumpang sebesar sembilan persen. Asumsinya dari tren tahun ke tahun di mana ketika masuk di masa libur Natal dan tahun baru memang selalu terjadi peningkatan pergerakan," ujar Heru.

Dirinya menambahkan bahwa total pergerakan pesawat pada masa Natal dan Tahun Baru 2017 ke 2018 adalah sebanyak 9.963 dan penumpang sejumlah 1,4 juta pergerakan.

"Posko yang dibuka kali ini berkolaborasi dengan banyak pihak yang terlibat di antaranya Kantor Otoritas Bandara, Airnav, Kantor Kesehatan Pelabuhan, TNI/POLRI, airlines, groundhandling, Basarnas, dan CIQ," katanya.

Sementara itu, pihaknya memperkirakan puncak arus mudik penumpang terjadi pada hari Sabtu, 22 Desember 2018 sedangkan puncak arus balik diperkirakan terjadi pada hari Kamis, 3 Januari 2019.

"Hingga saat ini Bandara Udara Juanda Surabaya telah menerima usulan penerbangan tambahan dari lima maskapai domestik yakni, Sriwijaya Air, Citilink, Nam Air, Garuda dan Lion Air dengan tujuan Denpasar dan Lombok. Ada 45.360 kursi tambahan atau 244 penerbangan tambahan baik kedatangan dan keberangkatan dari Bandara Internasional Juanda," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper