Harbolnas Bakal Dorong Jasa Pengiriman Tumbuh 60%

Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia (Asperindo) Jawa Timur memperkirakan tren jasa pengiriman pada akhir tahun terutama saat Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) bisa tumbuh 60%.
Peni Widarti | 04 Desember 2018 22:04 WIB
Belanja online. - Ilustrasi

Bisnis.com, SURABAYA – Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia (Asperindo) Jawa Timur memperkirakan tren jasa pengiriman pada akhir tahun terutama saat Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) bisa tumbuh 60%.

Ketua Asperindo Jatim Ardito Soepomo mengatakan seperti tahun sebelumnya umumnya pada saat momen akhir tahun yang ditandai dengan Harbolnas pada 12 Desember terjadi peningkatan tajam lantaran banyaknya program promo diskon belanja besar-besaran.

"Kenaikan saat akhir tahun trennya 60% an bahkan sampai 100% dibandingkan hari normal, dan itu biasanya akan terjadi pada H-10 Natal dan Tahun Baru," katanya, Selasa (4/12/2018).

Dia mengatakan di tengah perkembangan teknologi saat ini masyarakat tidak hanya belanja secara konvensional di toko, tetapi mulai bergeser menuju belanja online karena dianggap lebih efektif bahkan lebih murah.

Ardito menambahkan para pengusaha jasa pengiriman barang pun saat ini sedang bersiap untuk mengantisipasi lonjakan pengiriman barang. Hanya saja, kebijakan penguatan distribusi bergantung pada perusahaan jasa pengiriman masing-masing.

Dia menambahkan bukan hanya saat akhir tahun, tren perkembangan belanja online juga telah mengerek kinerja perusahaan jasa pengiriman selama 2018 dengan peningkatan sekitar 8%-10% dibandingkan kinerja tahun lalu.

Sedangkan tahun depan diperkirakan hanya mampu tumbuh di bawah 10% mengingat adanya momen pemilihan umum yang dikhawatirkan dapat memengaruhi sektor logistik.

Tag : ecommerce
Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top