Bank Sulselbar Pacu Transformasi Perbangkan Digital

Bank Sulselbar mengimplementasikan langkah transformasi berbasis digital dengan meluncurkan layanan mobile banking dan internet banking.
Amri Nur Rahmat | 12 Oktober 2018 16:46 WIB
Kantor Bank Sulselbar di Makassar, Sulawesi Selatan. - Ilustrasi

Bisnis.com, MAKASSAR - Bank Sulselbar mengimplementasikan langkah transformasi berbasis digital dengan meluncurkan layanan mobile banking dan internet banking.

Langkah tersebut disebut mampu lebuh memacu perluasan cakupan nasabah disertai dengan kemudahan layanan beragam aspek produk perbankan yang dibutuhkan nasabah di era digital.

Rosmala Arifin, Direktur Pemasaran dan Syariah Bank Sulselbar, mengemukakan inovasi digital itu diharapkan mampu memudahkan akses keuangan bagi nasabah dengan beban biaya yang lebih ringan.

Menurut dia, transformasi digital juga menjadi kebutuhan bagi perusahaan dalam rangka memperluas sekaligus memenuhi kebutuhan ekspektasi pasar yang saat ini lebih cenderung berorientasi pada pemanfaatan teknologi digital.

“Kemudian dari sisi bisnis, digitalisasi layanan lebih efisien untuk operasional, kemudian memungkinkan perluasan jangkauan nasabah serta tentu saja meningkatkan fee based income,” katanya dalam soft launching Mobile Banking dan Internet Banking, Jumat (12/10/2018).

Rosmala menjelaskan, digitalisasi layanan sebenarnya telah dirancang sejak tahun lalu sembari menyiapkan infrastruktur maupun teknologi penunjang sembari perizinan dari otoritas dan regulator terkait.

Dari sisi bisnis, digitalisasi layanan tersebut diproyeksikan bisa menopang pendapatan komisi atau fee base income dengan estimasi di atas 15% dari total pendapatan Bank Sulselbar.

Secara efektif, layanan mobile maupun internet banking Bank Sulselbar sudah bisa dimanfaatkan nasabah untuk melakukan beragam transaksi, mulai dari transfer / mutasi rekening hingga pembelian maupun pembayaran yang dibutuhkan nasabah.

Rosmala menguraikan, digitalisasi layanan telah melalui pula tahapan kajian terhadap pasar yang masih enggan memanfaatkan produk Bank Sulselbar lantaran terbentur layanan digital.

“Apalagi sekarang sudah masuk era digital, nasabah ingin melakukan transaksi perbankan di mana dan kapan saja. Ini jadi ceruk potensial pula untuk meningkatkan penambahan nasabah baru,” papar Rosmala.

Pemimpin Grup Teknologi Informasi Bank Sulselbar Muhammad Iqbal menjelaskan, tahapan persiapan digitalisasi layanan telah dipersiapkan sejak 2016 silam terkhusus pada sisi fundamental infrastruktur penunjang.

Selanjutnya, perusahaan mendapatkan izin dari otoritas jasa keuangan pada Juli 2018 serta regulator sistem pembayaran dalam hal ini Bank Indonesia pada September 2018, dan mulai diaktifkan per Oktober 2018 ini.

Dia menguraikan, layanan digital yang dimanifestasikan pula dalam bentuk aplikasi di android maupun ios itu sudah menjaring sekitar 3.900 rekening dan telah divalidasi secara langsung oleh petugas registrasi Bank Sulselbar.

 

“Aplikasinya sudah kita rilis sejak 20 September lalu pasca izin sudah kami peroleh. Semacam uji coba dan secara efektif diluncurkan mulai hari ini. Targetnya, sudah bisa menjaring 5.000 rekening dan teregistrasi langsung,” ujar Iqbal.

Tag : bank sulselbar
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top