Gandeng Telkomsel, Bandara AP II Dilengkapi E-Payment & E-Parking

Duwi Setiya Ariyanti
Kamis, 11 Oktober 2018 | 16:51 WIB
Petugas memeriksa tiket penumpang di Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, Rabu (29/11)./ANTARA-Wira Suryantala
Petugas memeriksa tiket penumpang di Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, Rabu (29/11)./ANTARA-Wira Suryantala
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Angkasa Pura II (Persero) menggandeng PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dalam penerapan program bandara digital terintegrasi. Pada tahap awal, AP II akan mengimplementasikan sistem pembayaran digital dan sistem parkir elektronik.

Dalam siaran pers, Kamis (11/10), Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan sistem digital pun akan diterapkan di Bandara Soekarno Hatta dan 12 bandara lainnya. 

Angkasa Pura II adalah operator Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta; Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang; Supadio, Pontianak; Kualanamu, Medan dan Minangkabau, Padang. Kemudian, Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru; Husein Sastranegara, Bandung; Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh; Raja Haji Fisabilillah, Tanjung Pinang; Depati Amir, Pangkal Pinang; Sultan Thaha, Jambi dan Silangit, Siborong-borong, Tapanuli. 

“Kerja sama ini akan menjadi payung besar dalam fokus pengembangan bisnis digital airport dan airport community,” katanya. 

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan, melalui penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) di Bali, pihaknya memperluas jaringan distribusi di bandara yakni dengan stan Telkomsel di kawasan transit terpadu. 

Selain itu, sistem pembayaran dengan TCash di lingkungan bandara hingga sistem parkir elektronik yang pada tahap awal diterapkan untuk kendaraan bermotor roda dua. Adapun, hal lain yang bakal direalisasikan yakni penggunaan solusi internet of things (IoT).  

“Layanan yang akan segara kita digitalkan antara lain adalah e-payment system dengan TCash dan e-parking. Dalam waktu dekat, e-parking akan kami coba dahulu untuk parkir sepeda motor. Ditambah lagi teknologi internet of things (IoT),” ujar Ririek. 

Guna menerapkan sistem bandara digital yang terintegrasi, pihaknya pun memberikan layanan solusi myBusiness. Melalui platform tersebut, pihaknya mendorong terbangunnya ekosistem digital.

“Selain itu kami memberikan solusi layanan Telkomsel myBusiness Solution untuk mendorong terwujudnya integrated airport di bandara Angkasa Pura II,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper