BNN Kota Manado Sosialisasi Bahaya Narkoba ke Pelajar

BNN Kota Manado Sosialisasi Bahaya Narkoba ke Pelajar
Newswire | 08 Oktober 2018 18:55 WIB
Petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) memerlihatkan barang bukti sabu-sabu - Antara/Jojon

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Manado melaksanakan edukasi bahaya narkoba kepada pelajar di daerah tersebut.

Kegiatan edukai dilaksanakan melalui sosialisasi bahaya narkoba, deklarasi antinarkoba oleh pelajar, pemeriksaan mendadak (Sidak) tas dan tes urine terhadap sekitar 20 siswa MAN Model Manado, Senin (8/10/2018).

Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Manado, Diane Kawatu mengatakan pelaksanaan mendapatkan dukungan dari pihak guru maupun murid yang ada di sekolah tersebut.

"Kegiatan berlangsung dengan baik karena pihak sekolah, baik anak didik sangat mendukung dan kerja sama melaksanakan arahan-arahan dari tim yang ada," katanya.

Ia menambahkan sehingga pelaksanaan sosialisasi, Sidak tas pelajar, tes urine telah berlangsung dengan baik.

Pada pelaksanaan tes urine terhadap 20 siswa yang diambil sampel tersebut semuanya negatif.

Sementara saat Sidak tas, ditemukan sejumlah obat ringan sepert obat batuk, obat flu, obat alergi yang semuanya tidak masuk dalam golongan Narkoba atau Narkotika psikotropika dan zat adiktif lainnya.

"Sidak tersebut dilakukan kepada tas pelajar yang tersebar pada 41 kelas di sekolah ini," katanya.

Kegiatan ini juga sebagai wujud sekolah ini melaksanakan peran serta masyarakat sesuai UU nomot 35 tahun 2009 tentang narkotika, pada pasal 104 -108.

Di mana antara lain masyarakat berperan serta membantu dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika.

"Dengan kegiatan ini, dapat menjadikan lingkungan pendidikan, sebagai kawasan antinarkoba di Kota Manado khususnya dan Sulawesi Utara umumnya," katanya.

Kepala Sekolah MAN Model Manado, Sarpin Hamsah memberikan apresiasi dan mendukung kepada BNN Manado dalam upaya pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

"Narkoba saat ini sudah masuk kepada anak-anak usai sekolah. Untuk itu memberikan respons positif kepada BNN yang telah melakukan sosialisasi kepada para pelajar tentang bahaya Narkoba," katanya.

Sumber : Antara

Tag : narkoba
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top