Pemulihan BTS Telkomsel di Palu-Donggala Dikebut

Duwi Setiya Ariyanti
Senin, 8 Oktober 2018 | 12:09 WIB
Upaya pemulihan jaringan di Palu oleh Tim Terra Telkomsel/Telkomsel
Upaya pemulihan jaringan di Palu oleh Tim Terra Telkomsel/Telkomsel
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) menyebut jumlah base transceiver station (BTS) yang beroperasi di Sulawesi Tengah pascabencana sebanyak 80%.

Denny Abidin, GM External Corporate Communication Telkomsel mengatakan, pihaknya terus melakukan pemulihan jaringan. Adapun, pada Jumat (5/10/2018), jumlah BTS yang beroperasi sebanyak 885 unit atau 70% dari total dengan jangkauan telepon suara sebesar 83% dan internet 63%.

Dia menyebut, hingga Minggu (7/10/2018), jumlah BTS yang beroperasi sudah bertambah menjadi 80% atau sekira 1.011 unit. Selain BTS, kondisi jaringan penunjang (backbone) dan metro fiber optic Telkom sudah pulih.

"Kondisi jaringan Telkom Group untuk backbone dan metro fiber optic 100% sudah pulih, dan site Telkomsel hingga saat ini yang sudah beroperasi mencapai 80%," ujarnya saat dihubungi Minggu (7/10/2018) malam.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengakui bahwa komunikasi masih menjadi masalah pada masa tanggap bencana karena terdapat 40% dari 3.500 BTS yakni 1.400 unit belum beroperasi.

Alasannya, untuk menyalakan kembali BTS terkendala pasokan energi, akses perhubungan dan sebagian kecil BTS yang mengalami kerusakan.

"Yang 10 BTS ini mungkin recovery-nya lebih lama karena rusak," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper