Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jawa Tengah Konsolidasikan Bantuan ke Palu

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memerintahkan, jajarannya dari dinas untuk pengiriman bantuan dan relawan bencana di Palu.
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat berbincang dengan mahasiswa asal Kota Palu.
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat berbincang dengan mahasiswa asal Kota Palu.

Bisnis.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memerintahkan, jajarannya dari dinas untuk pengiriman bantuan dan relawan bencana di Palu.

Saat ini Pemprov Jateng telah menyiapkan peralatan yang akan dibawa ke sana termasuk paket-paket untuk bantuan sementara. Ada baju, obat makanan per box, dapur umum dan lainnya.

"Ini inisiatif saja. Dari BPBD PMI dinsos semuanya sudah terbiasa, kalau seperti ini mereka langsung rapat. Maka tadi dilaporkan ke saya hari ini mereka bicara semoga sudah ada hasilnya. Kalau memungkinkan akan kirim lagi, seperti di Lombok kemarin," katanya Senin (1/10/2018).

Ganjar juga mengaku hari ini dirinya sudah kumpulkan dari Pemprov, pegawai sudah ngumpulin donasi, bank Jateng juga sudah siap. Kalau sudah terkumpul semua, sambil kita nilai sambil komunikasi dengan sana bisa baik.

"Kebutuhannya apa kita kirimkan. Saya sendiri akan ke sana mengirim ini bersama relawan," katanya.

Kepala BPBD Jawa Tengah Sarwa Pramana mengatakan, sesuai perintah gubernur telah menyiapkan personel, sarana prasarana, dan bantuan untuk diberangkatkan ke Palu. "Rencana berangkat tanggal 6 Oktober dari Semarang pakai kapal, transit Surabaya dulu tanggal 7 baru ke sana (Palu)," katanya.

Pemberangkatan terpaksa menggunakan kapal karena jalur transportasi udara masih lumpuh di lokasi bencana.

Personel utama yang berangkat sekitar 60 orang. Terdiri dari perwakilan BPBD kabupaten kota se Jateng, dinas sosial, PMI, dan unsur lainnya.

"Rencana kami buka dapur umum di sana, bawa truk tanki, logistik juga. Mungkin rencana awal seminggu di sana, tergantung situasi," katanya.

Disisi lain, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah siap mengirimkan tenaga kesehatan untuk membantu masyarakat korban bencana gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, Yulianto Prabowo mengatakan, saat ini Dinkes Jateng telah menyiapkan enam tenaga kesehatan yang terdiri dari tenaga dokter, perawat, bidan hingga tenaga konseling.

"Sudah kita siapkan semua mulai dokter, perawat, bidan, tenaga masyarakat, dan tenaga konseling. Semua siap membantu," kata Yulianto.

Yulianto mengemukakan, selain tenaga kesehatan, Dinkes Jateng juga siap mengirimkan bantuan obat-obatan jika memang kebutuhan obat yang disalurkan Kementerian Kesehatan mengalami kekurangan.

"Logistik seperti obat-obatan kami prinsipnya membantu apabila kurang. Karena dari kementerian kesehatan obat saat ini sudah cukup," jelasnya.

Yulianto menambahkan, hingga saat ini pihaknya masih melakukan koordinasi untuk rencana pengiriman bantuan. Pihaknya menyebut jika nantinya diminta personil tambahan, Dinkes Jateng akan segera menyiapkan pasukan sesuai yang dibutuhkan.

"Ini bagian tim, sementara diminta persiapan 6 personel. Nanti ketika meminta tambahan lagi akan disiapkan kembali," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler