Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UMM Gandeng Jatim Park Bangun Kampung Wisata Edukasi di Batu

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bekerja sama dengan Jatim Park Group serta  PT Inti Daya Guna Aneka Warna produsen cat decofresh menggarap Kampung Wisata Edukasi di Batu, Jatim.
Jatim Park 2/wisatamalang.info
Jatim Park 2/wisatamalang.info

Bisnis.com, MALANG--Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bekerja sama dengan Jatim Park Group serta  PT Inti Daya Guna Aneka Warna produsen cat decofresh menggarap Kampung Wisata Edukasi di Batu, Jatim.

Dosen Ilmu Komunikasi,Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang, Jamroji, mengatakan rencananya, mulai Oktober 2018 nanti UMM dan Jatim Park Group  bakal mengintegrasikan 89 rumah di selatan area Jatim Park 3 menjadi kawasan wisata edukasi bernama Kampung Hijau. 

"Proyek ini kembali akan bekerjasama dengan PT. Indana Paint sebagai perusahaan penyedia cat, " katanya di Malang, Sabtu (29/9/2018). 

Menurut dia, banyak permintaan kepada UMM untuk mengubah kawasannya menjadi objek wisata serupa Kampung Warna Warni Jodipan (KWJ). 

Pengembangan kampung wisata di daerah-daerah, kata  Arum Martikasari, dosen Prodi Ilmu Komunikasi UMM, sangat memungkinkan karena tiap daerah mempunyai potensinya masing-masing. Bahkan bisa jadi lebih besar potensinya daripada Jodipan.

Di Batu, selain akan mempercantik kampung menjadi warna-warni, di tiap rumah juga bakal dipasang  tanaman hidroponik, atau budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah.
Teknik ini menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

"Apapun yang dilakukan mereka (mahasiswa praktikum) itu based on research. Anak-anak Jodipan saja riset di sana selama dua minggu. Door to door ke rumah warga. Harus mendapatkan insight (wawasan) dulu dari sana. Menyampaikan maksud Indana di sana juga," kata Arum.

Dia menegaskan, tiap karya keatif dalam praktikum seperti hadirnya kawasan KWJ, prinsip yang senantiasa diterapkan adalah untuk menumbuhkan potensi. 

Kawasan yang dikembangkan menjadi kampung warna-warni di Batu, yakni di selatan komplek wisata Jatim Park 3, Kecamatan Junrejo. 

Saat ini, UMM tengah menggarap proyek 'Discover Gresik', yakni proyek mem-branding lima kawasan di Kabupaten Gresik, setelah sukses menggarap KWJ.(k24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler