Rhino Cross Triathlon Kembali Digelar

Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Tanjung Lesung yang merupakan bagian dari 10 Destinasi Pariwisata Prioritas kembali menggelar Rhino Cross Triathlon (atau disebut Rhino X-Tri), ajang kejuaraan terbuka cross triathlon atau triathlon.
Mia Chitra Dinisari | 30 September 2018 10:48 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Tanjung Lesung yang merupakan bagian dari 10 Destinasi Pariwisata Prioritas kembali menggelar Rhino Cross Triathlon (atau disebut Rhino X-Tri), ajang kejuaraan terbuka cross triathlon atau triathlon.

Lari lintas alam ini merupakan pertama di Indonesia yang terdiri dari lomba berenang, balap sepeda dan lari melintasi keindahan dan tantangan alam Tanjung Lesung pada 29 - 30 September 2018.

Rhino X-Tri diselenggarakan sebagai agenda utama dalam perhelatan akbar Festival Pesona Tanjung Lesung bersama sport tourism event lainnya yaitu Rhino MTB XCM (Rhino Mountain Bike Cross Country Marathon). Sekitar 200 lebih atlet dari 7 negara, diantaranya atlet nasional Muhammad Taufik, Ady Akhmad Jukardi dan Eva Desiana, akan turut berpartisipasi dalam kejuaraan terbuka ini untuk merebut total hadiah sekitar Rp. 250 juta rupiah.

Direktur Utama PT. Banten West Java sekaligus Presiden PATA Indonesia, Poernomo Siswoprasetijo, menyampaikan, Rhino Cross Triathlon adalah mata acara utama dari perhelatan akbar Festival Pesona Tanjung Lesung yang merupakan sebuah perhelatan bertema sport tourism yang begitu populer dan mampu menarik wisatawan domestik sekaligus mancanegara untuk mengunjungi dan menikmati keindahan alam dan budaya Banten.

Agenda Rhino X-Tri yang merupakan rangkaian Festival Pesona Tanjung Lesung yang  digelar pada 28 – 30 September 2018 adalah buah sinergi unsur pentahelix antara Pemerintah Provinsi Banten, Pemerintah Kabupaten Pandeglang dan Pengelola KEK Tanjung Lesung PT Banten West Java serta didukung penuh dan sudah menjadi Calendar of Event Program Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Sementara itu, Managing Director PT. Banten West Java (Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Tanjung Lesung) & Chief of Organizing Commitee, Rully Lasahido menjelaskan bahwa Rhino X-Tri & Rhino MTB XCM tahun ini begitu istimewa dengan lebih dari 200 peserta dari 7 negara (Amerika, Belanda, Indonesia, Jepang, Perancis, Selandia Baru dan Spanyol) turut serta memperebutkan total hadiah Rp. 250 juta.

Kejuaraan terbuka ini juga dalam rangka perayaan World Rhino Day yang jatuh dibulan September. Selain sejumlah atlet nasional seperti Muhammad Taufik, Adi Akhmad Jukardy dan Eva Desiana, sejumlah public figure sekaligus triatlet seperti model senior Kelly Tandiono, Khaidir Akbar dan Fajar Alexa dikabarkan akan meramaikan ajang ini.

Event Director Rhino X-Tri 2018, Tense Manalu memaparkan, penyelenggaraan Rhino X-Tri tahun ini tentu menawarkan tantangan dan keseruan lebih. Tidak seperti tahun sebelumnya, ajang cross triathlon menampilkan kategori jarak yang lebih jauh. Rhino X-Tri digelar dalam 3 kategori yaitu Eagle, kategori baru yang akan mempertandingkan nomor renang 1.500 meter, balap sepeda 30 kilometer dan lari 15 kilometer.

Sementara kategori Rhino melombakan nomor renang 1000 meter, balap sepeda 20 kilometer dan lari 10 kilometer serta kategori Bull yang melombakan renang 500 meter, balap sepeda 10 kilometer dan lari 5 kilometer. Di ajang Rhino Mountain Bike Cross Country Marathon (MTB XCM) akan dipertandingkan kategori-kategori; Men Elite, Women Open, Men Open dan Men Master.

Tag : marathon
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top